Kampoeng Jazz With Tahiti 80

0
107

.Sepanjang hari Sabtu (30/4), awan mendung terus menggelayuti kota Bandung. Bahkan hujan deras dan gerimis sempat turun di pertengahan hari hingga petang. Tetapi hal tersebut tidak mempengaruhi ribuan penonton dari berbagai kota untuk hadir di Kampoeng Jazz 2011.

Acara yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum UNPAD ini mengambil tema ‘Jazzolution’, Where Music Impact Society. Acara dengan penjualan tiket sold out ini diadakan di kampus UNPAD Jl. Dipati Ukur dan dipandu oleh duet Eddi Brokoli dan Melanie Soebono.

Untuk pengisi acara, dua bintang utama didatangkan luar negeri yaitu penyanyi yang selalu membawakan lagu musisi lain, Sabrina dari Filipina dan band Tahiti 80 dari Perancis. Selain itu masih ada musisi hebat seperti Dira Sugandi, Esqi:Ef dan Yovie Widianto Fusion yang tampil menghibur publik paris van java.

Kampoeng Jazz 2011 dimulai dari siang hari dengan penampilan band lokal seperti Road Stone, Stereotitude, Royal Flush, The Soul of Magnolia, Musisi Anak Jalanan, KPH All Star, sebelum akhirnya sore itu ditutup oleh penampilan Yovie Widianto Fusion.

Begitu break Maghrib selesai, acara ini kembali dibuka oleh penampilan Tesla Manaf Feat. Mahagotra Ganesha. Setelah itu penyanyi Jazz senior, Syaharani melalui Syaharani and Queen Fireworks (Esqi:Ef) tampil dengan maksimal membawakan beberapa lagu dari album mereka dan juga cover lagu lain.

Setelah Esqi:Ef, tampilah salah satu penyanyi dari Filipina yang lagunya sering anda dengar ketika berada di mal. Sabrina, penyanyi ini membawakan ulang lagu-lagu dari musisi terkenal secara akustik. Tapi pada malam itu, Sabrina tampil dengan format live band dan dua kali berganti dress saat tampil. Dia membawakan lagu-lagu dari Usher, Lady Gaga, Jason Mraz, Ne-Yo dan lagu cover lainnya.

Selanjutnya tampil di atas panggung seorang penyanyi wanita dengan suara dan penampilan yang seksi dan berasal dari Bandung, Dira Sugandi. Tampil dengan gaun hitam, musisi pendukung lengkap dan dua penyanyi latar, Dira tampil membawakan lagu-lagu dari debut albumnya yang juga sudah dirilis di Inggris dan Jepang.

Dira juga membawakan beberapa lagu dari Incognito yang sehari sebelumnya tampil bersama Dira di Istora Senayan Jakarta. Setelah Dira selesai, penonton tambah memadati panggung dan rela berdiri lama demi siap nya Tahiti 80 tampil.

Ini merupakan penampilan kedua Tahiti 80 di Indonesia setelah sebelumnya sempat tampil di Jakarta. Band yang dimotori oleh Xavier Boyer ini memainkan lagu-lagu dari album lama dan juga album baru mereka. Bahkan beberapa lagu untuk pertama kalinya mereka mainkan diacara ini.

Lagu-lagu seperti Unpredictable, Diffender, Better Days Will come dan beberapa lagu lainnya sukses mereka bawakan. Xavier sang vokalis pun beberapa kali mengucapkan kata-kata dalam bahasa Indonesia, bahkan bahasa Bandung, Nuhun!

Setelah encore, Tahiti 80 memainkan dua lagu yang paling ditunggu di Indonesia. “This one is special for you, we don’t play this song in years,” seru Xavier sebelum memainkan lagu Something About You Girl. Setelah itu bahkan salah satu personil Tahiti 80 memainkan seruling bambu khas sunda ketika perkenalan personil dilagu terakhir, Heartbeat.

“We have a great time in here, this is our first time in Bandung. Thank you Bandung, selamat malam,” seru Xavier sebelum turun dari panggung dan terbang ke Austria dan Jerman esok harinya.

Acara belum selesai, sebagai penutup tampilah DJ Arya in Colaboration sebagai penampil terakhir. Beberapa penonton memilih keluar dan beberapa masih bertahan karena malam minggu terasa masih panjang, puas.

(Ghiboo)

SHARE