Petinju Legendaris Inggris Wafat

0
58

.Dunia olahraga Inggris berduka, Henry Cooper (76), petinju legendaris Inggris yang terkenal dengan hook kirinya dan pernah menjatuhkan Muhammad Ali, wafat di rumah anaknya, pada Minggu (1/5) di Surrey, Inggris.

Cooper memulai karirnya pada tahun 1954, dan menjadi juara Commonwealth (1959-1971) serta European Heavyweight Champion (1970-1971). Ia pernah mewakili Inggris dalam olimpiade 1952, menerima penghargaan dari BBC Sports sebagai Personality of the Year sebanyak dua kali (1967 & 1970) dan telah menerima banyak penghargaan lain atas prestasinya.

Meskipun memiliki karir yang sukses di tinju, Cooper tak pernah berhasil memenangkan gelar juara dunia hingga pensiun pada tahun 1971.

Kemudian ia kembali populer melalui sebuah acara tv, menjadi penerbit serta aktif dalam kegiatan sosial. Lalu di tahun 2000, ia dianugerahi gelar bangsawan oleh Ratu Elizabeth II.

Kini namanya menjadi kenangan terindah dalam sejarah olahraga Inggris. David Haye juara tinju kelas berat dunia, menyampaikan rasa duka yang dalam di akun jejaring sosialnya, “Satu dari olahragawan terbaik Inggris, Sir Henry Cooper meninggal dunia hari ini. Pejuang sejati dan manusia yang hebat. Rest in Peace.”

(Berbagai sumber)

SHARE