Rumah Bersejarah Terbungkus Rumah Kaca Modern

0
64

.Bagaimana memperbaharui rumah tanpa harus merombaknya? Membangun sebuah rumah lagi yang dapat mengelilingi rumah tersebut. Itulah jawabannya. Rumah di dalam sebuah rumah.

Seorang karyawan bank dan kolektor buku antik membeli sebuah rumah bergaya tua di sebuah dataran kosong, tepatnya di Puckoriu St., Vilnius, Lithuania. Rumah ini didiami oleh keluarga sang pemilik dengan empat anggota keluarga.

Langkah pertama yang mereka lakukan adalah menghilang cat kuning dari rumah tersebut. Hasilnya mengejutkan, balutan batu bata Vilnius terbuka dan terlihat jelas. Menambah kesan langka dan bersejarah. Memang benar, dulunya, bangunan kecil yang memiliki ruang bawah tanah (basement) ini merupakan tempat pengecoran meriam pada zaman pertengahan.

Struktur bangunan yang bersejarah akhirnya tetap dilestarikan. Mereka meminta bantuan biro arsitektur G. Natkevicius & Partners dan memutuskan untuk ‘membungkus’ rumah tersebut dengan bentuk bangunan berkaca modern. Pandangan transparan dan bening dari dalam melalui kaca memungkinkan penghuni rumah melihat pemandangan landscape sebesar 360 derajat.

Pada lantai dasar terdapat kamar tidur anak, sedang kamar tidur utama berada di loteng. Selain itu, ruang tamu, dapur, ruang makan, dan lemari pakaian juga bisa ditemukan di lantai dasar. Lantai ini bagaikan halaman dari pondok bersejarah.

Untuk membaca dan menemukan koleksi buku-buku langka, penghuni rumah bisa menuju basement dari pondok bersejarah yang berada di dalam rumah kaca. Sedang pada zona kaca, Anda akan bisa mendapati kamar mandi bergaya Turki dengan toilet beserta garasi untuk menampung dua mobil sekaligus.

Untuk menambah keunikan, ditambahkan tangga berkelok untuk menghubungkan rumah kaca dengan rumah batu bata bersejarah serta lantai pada tingkatan yang berbeda.

(Berbagai sumber)

SHARE