Tompi, "Teknologi Itu Buah Simalakama Untuk Musik"

0
66

.Dalam menghadapi masa depan industri musik Indonesia, Tompi menganggap teknologi dalam industri musik itu seperti buah simalakama.

“Teknologi musik itu seperti buah simalakama. Kalau musisi bisa menggunakan teknologi dengan baik, musisi jadi korban. Kalau musisi juga tidak bisa menggunakan teknologi, dia tetap akan menjadi korban,” ungkap Tompi.

Sebuah keadaan dimana teknologi mampu memudahkan para musisi untuk berkarya. Bahkan teknologi bisa mempengaruhi cara distribusi sebuah karya musik.

“Cuma musisi yang tidak yakin mampu menjual musiknyalah yang memberikan musiknya secara gratis,” ujar Tompi tentang free music. Pendapat ini dia keluarkan saat Pandji menanyakannya tentang ide free music untuk lagu-lagunya.

Unduh musik secara legal dan gratis bisa saja dilakukan bila ada tujuan tertentu. Penyanyi dengan suara unik ini mencontohkan bila ada musisi yang memberikan gratis musiknya tapi mendapatkan keuntungan dari jalan lain, seperti konser.

Tompi menambahkan, “Kecuali ada udang dibalik batu. Ada keuntungan yang bisa diambil dari jalan lainnya”.

Dari sisi Industri, Telkomsel diakui oleh Tompi sebagai salah satu pihak yang peduli dengan perkembangan industri musik. “Musisi terus berkarya dengan menghasilkan karya terbaiknya. Sementarta mereka terus berupaya mendapatkan platform yang terbaik. Hal tersebut mengindikasikan bahwa mereka merasa ada yang salah dan itu terus menerus diperbaiki,” akhir Tompi.

(Ghiboo)

SHARE