Mari Berkemas dan Bergegas ke Gunung Fuji

0
49

.Selama ribuan tahun, Gunung Fuji dianggap sebagai salah satu tempat paling agung dan suci di Jepang. Kini, gunung berapi yang masih terhitung aktif ini juga menjadi destinasi wisata yang luar biasa populer, sebuah sensasi alternatif dari kesibukan a la Tokyo.

Musim pendakian resmi Gunung Fuji biasanya berlangsung dari tanggal 1 Juli hingga 31 Agustus. Pendakian memang bisa dilakukan setiap saat, namun dua bulan tersebut dipertimbangkan sebagai yang terbaik karena kemudahan akses transportasi, kondisi cuaca yang lebih bersahabat, dan berbagai fasilitas yang terbuka untuk Anda.

Gunung setinggi 3.776 meter ini memiliki 10 pos dan rata-rata dibutuhkan waktu sekitar 5 sampai 7 jam untuk mencapai puncak, sekitar 3 jam untuk turun. Untuk dapat mendaki dan sukses menaklukkan Gunung Fuji, berikut adalah beberapa saran yang bisa Anda gunakan:

1. Putuskan apakah Anda akan menempuh rute pendakian pada siang hari atau malam hari. Beberapa orang memilih untuk mendaki pada malam hari dengan misi utama menyaksikan matahari terbit dari puncak. Jika Anda memilih cara ini, maka Anda perlu menyiapkan lampu senter atau helm berlampu dan pakaian hangat untuk suhu malam hari yang seringkali berada di bawah titik beku, bahkan di musim panas sekalipun. Anda juga akan memerlukan kantong tidur untuk beristirahat di salah satu pondok ketika memutuskan beristirahat di larut malam.

2. Bawa tas yang ringan dan nyaman, dan dapat menjadi tempat sempurna untuk membawa makanan ringan, air, kamera, dan pakaian hangat jika perlu. Ingat, tas ini akan menempel di tubuh Anda selama berjam-jam, sehingga faktor kenyamanan haruslah sangat-sangat Anda perhatikan.

3. Bawa air yang cukup agar Anda selalu berada dalam kondisi terhidrasi dan bawalah bekal makanan yang berkarbohidrat tinggi.

4. Daerah ini sangat curam dan berbatu di beberapa bagian, dan akan licin pada bagian yang lainnya lagi. Solusinya: kenakan sepatu hiking yang dapat melindungi pergelangan kaki Anda dan mencegah batu masuk ke dalam sepatu. Kenakan kaus kaki hiking yang bagus dan kalau bisa usahakan untuk membawa sepasang cadangan.

5. Kenakan pakaian yang pas di segala medan dan keadaan, bahkan dalam kondisi ekstrim sekalipun. Cuaca di gunung dapat berubah dengan sangat cepat, dan sebuah jaket yang terpercaya seringkali akan menjadi sahabat yang menjaga Anda senantiasa aman dan hangat.

6. Bawalah uang yen dalam pecahan kecil karena di sepanjang rute pendakian ada begitu banyak  souvenir menawan yang sayang untuk dilewatkan. Simpan uang Anda di lokasi yang mudah diakses, seperti di saku depan atau di tas pinggang.

7. Jangan lupa untuk membawa kamera agar Anda dapat mengabadikan pengalaman dan pandangan yang menakjubkan, dan jangan lupa untuk menyimpannya dalam tas pelindung yang weatherproof.

8. Potonglah kuku kaki Anda sebelum menjalani atraksi mendaki Gunung Fuji. Turunan gunung yang curam kemungkinan besar akan menyebabkan dorongan yang signifikan terhadap jari-jari kaki dan bagian depan sepatu Anda, dan seringkali memar dan sakit menghampiri.

Dan kini Andapun sudah siap mendaki Gunung Fuji. Ganbatte!!

(Berbagai sumber) 

SHARE