Batal Langsing Karena Teh Susu

0
65

.Minum teh bisa membantu mengurangi berat badan, tetapi efeknya akan fatal bila Anda menambahkan susu. Para ilmuwan sudah menemukan bahwa teh mengandung senyawa tingkat tinggi untuk membantu mengurangi jumlah lemak yang diserap oleh usus dan bisa mengurangi kolesterol. Namun protein yang ditemukan dalam susu sapi dapat menetralkan kemampuan melawan lemak ini.

Riset baru menunjukkan bahwa senyawa, yang disebut theaflavin dan thearubigin, mencegah obesitas saat diberikan oleh tikus yang juga menjalani diet tinggi lemak. Para peneliti sekarang percaya, kenapa orang Inggris tidak mendapatkan manfaat kesehatan teh meskipun menjadi salah satu konsumen teh terbesar di dunia.

“Bila teh dikonsumsi bersama susu, theaflavin dan thearubigin membentuk kelompok dengan protein susu, yang menyebabkan lapisan endapan. Artinya kita tidak memperoleh manfaat kesehatan dari senyawa ini maupun dari protein susu. Maka dari itu, selalu disarankan untuk minum teh tanpa susu,” kata Dr Dejavit Borthakur, seorang ilmuwan.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Jepang mengungkapkan bahwa ekstrak daun teh menghalangi penyerapan lemak dalam usus tikus yang diberi makan tinggi lemak. Tikus-tikus ini juga memiliki sedikit jaringan lemak dalam tubuh mereka dan kandungan lemak lebih rendah dalam hati mereka. Penelitian itu dipublikasikan dalam Journal of Nutrition bulan ini.

(berbagai sumber)

SHARE