Griya Tawang Termahal di Amerika

0
103

.Harga rumah di Amerika memang menurun drastis. Namun ternyata ada beberapa griya tawang yang dinyatakan sebagai rumah termahal di sana. Setidaknya tahun lalu, harganya yang melejit masih membuat orang geleng-geleng kepala.

1. Madison Ave Townhouse

Pada September 2010, rumah besar ini tergolong mahal. Harga yang diminta masih sama, US$ 72 juta. Letaknya jelas berada di Madison Avenue, yang juga merupakan real estate Upper East Side. Bangunan tersebut sepenuhnya telah direnovasi, namun tetap mempertahan detil arsitektur asli. Luasnya mencapai 12.000 kaki persegi. Temukan 10 kamar tidur, sebuah tangga pusat, dan sebuah lift di sana! Mau tahu siapa pemiliknya? Pemilik rumah ini ternyata bukan perorangan, namun sebuah organisasi pemilik peta langka di Amerika.

2. Frank Woolworth Estate

Berlokasi di New York, rumah tersebut bernilai seharga US$ 90 juta. Frank W. Woolworth, raja retail, memerintahkan agar dibuatkan masing sebuah townhouse untuk ketiga anak perempuannya pada tahun 1911 silam. Rumah yang sedang kita bahas ini didesain oleh arsitek terkenal, Charles Pierpont Henry Gilbert. Pekerjaan diselesaikan pada 1916 dan menjadi yang terbesar di antara dua rumah lainnya. Menurut pasar real estate Manhattan, ini adalah yang termahal. Tercatat mulai dijual sejak Maret lalu. Lebarnya mencapai 35 kaki, dengan luas 18.000 kaki persegi, dan tinggi 16 kaki. Sepuluh kamar tidur, 11,5 kamar mandi, 3 dapur, sebuah perpustakaan berpanel, lagi-lagi lift, pusat kebugaran pribadi (private gym), dan sebuah ruang makan yang dapat menampung 50 tamu melengkapi kemewahan rumah tersebut.

3. Versailles

Sebuah griya tawang di Florida, Windermere, dijuluki Versailles. Amerika mencatatnya sebagai single-family terbesar di bawah satu atap. Bentuknya seperti istana. Aristekturnya sendiri terinspirasi dari kediaman seorang raja, Louis XIV. Letaknya di semenanjung seluas 10 acre, sepanjang garis pantai Danau Butler. US$ 100 juta adalah harga yang ditawarkan untuk bisa memiliki bangunan ini. Wajar, karena luasnya mencapai 66.800 kaki persegi. Mei 2010 silam, ‘istana’ itu memiliki 13 kamar tidur, tiga kolam renang, sebuah lapangan baseball, dua lapangan tenis, aula utama, dua tangga utama, dua gudang anggur, mobie theatre lengkap dengan balkonnya, dan dua kantor yang dipisahkan oleh pembatas dua sisi, serta aquarium seluas 12 kaki. Jangan heran bila harganya mencapai US$ 100 juta!

4. Spelling Manor

Ini dia griya tawang mega. Harganya US$ 140 juta. Bukan hanya 23 ruangan terdapat di dalamnya, namun 123 ruangan! Ini mempengaruhi pasar perumahan Los Angeles. Pemiliknya adalah janda produser TV terkenal Aaron Spelling. Dia adalah Candy Spelling. Candy mendapatkan rumah ini dari seorang legenda, Bing Crosby. Bangunan yang memiliki lahan sebesar 4,7 acre ini bergaya istana Perancis. Rumah itu sendiri seluas 56.500 kaki persegi. Apa saja yang bisa Anda temukan di sana? Loteng 17.000 kaki, tempat cukur dan salon, kebun di atas atap, tempat bowling dua jalur, ruang Cina, ruang membungkus kado, dan ruang mencicipi anggur. Mungkin saja ada ruang khusus hanya untuk berkaca?

(Berbagai sumber)

SHARE