Streetball Semakin Populer di Tanah Air

0
82

.Spesifikasi olahraga bola basket ini semakin menjamur di pelosok negeri. Tercatat sudah ratusan klub yang mendaftar pada ajang LA Lights Streetball 2011 “Level Up”.

Maya Shintawati, Brand Manager LA Lights memberikan alasan kenapa semakin banyak tim-tim yang ingin mendaftar. “Anak muda jaman sekarang dibilangnya Generation C, generation connected. Karena mereka sangat into digital.” Update jejaring sosial, upload dan download dari web sehingga eksis dan narsis menjadi keseharian bagi mereka.

Tambahnya, “Anak muda jaman sekarang kepengen tampil, mereka ingin unjuk gigi, dan mereka pengen orang liat dan mengapresiasi apa yang mereka punya. Di streetball ini kita berikan pada anak-anak untuk tampil.”

“Selain itu memang aksi-aksi dalam bola basket adalah yang paling ditunggu dan streetball akan berikan itu. Action, action, action tak pernah henti hingga akhir. Terlebih bola basket juga sudah cukup tenar di tanah air. Jadi ini akan terus tumbuh, tumbuh dan besar.”

Apa sih streeball sebenarnya?
Streetball adalah bola basket jalanan yang biasanya dimainkan di lapangan outdoor dengan peraturan yang lebih fleksible dari pada peraturan basket konvensional. Disini setiap pemain diizinkan menunjukkan keterampilannya dalam mengolah bola (trick).

Streetball sudah ada sejak bola basket lahir. Bermain basket di jalanan, taman dan lapangan outdoor sudah dapat dikatakan streetball. Akhir-akhir ini streetball dapat dimainkan di mana saja, di mana ada bola basket dan ring basket siapa pun bisa bermain.

Sebagai pusat trend basketball dunia, streetball sendirinya berkembang di Amerika pada awal tahun 1900-an di Washington dan New York, dimana saat itu mulai diadakan kompetisi di lapangan outdoor yang ada di taman-taman kota tersebut.

Salah satu lapangan outdoor streetball yang terkenal melahirkan banyak pemain NBA dan juga legenda-legenda streetball adalah Holcombe Rucker Park, bertempat di Harlem, New York. Di sini pula kompetisi streetball paling bergengsi diselenggarakan.

Permainan streetball gaya baru atau yang disebut dengan “Nu Skool Streetball” (new school streetball) populer di akhir 1990-an, ketika gaya bermain semakin lebih bebas dengan banyaknya trick-trick yang di lakukan oleh streetballer-nya. Salah seorang streetballer yang terkenal mempopulerkan gaya ini adalah Philip Champion A.K.A Hotsauce dari Atlanta.

Bagaimana halnya di Indonesia?
Indonesia streetball sudah dikenal sejak dulu semenjak kompetisi-kompetisi streetball seperti 3 on 3 popular di tahun 1990-an, dan era baru dunia streetball di Indonesia popular kembali pada 2001 dengan munculnya kontes Freestyle basketball. Kontes ini memunculkan freestyler dan streetballer “nu skool” baru di Indonesia.

Freestyle basketball merupakan salah satu kreatifitas jalanan dalam melakukan show trick mengolah bola basket dengan dribbling, ball spinning, arm rolling dan lainnya sehingga menjadi satu gerakan dinamis.

Dari titik inilah komunitas-komunitas streetball mulai bermunculan di pelosok Indonesia. Berawal dari Bandung, Jakarta, Malang dan lainnya.

Lalu siapa pelopornya di tanah air?
Freestyler-freesytler pertama yang pernah bergabung dengan Freestyle (sekarang FSI, Freestyle Streetball Indonesia) bisa jadi merupakan pelopor di dunia streetball Indonesia. Setelah mereka keluar dari FSI banyak dari mereka membentuk team atau komunitas streetball di Indonesia, dan komunitas mereka pulalah yang membantu membesarkan streetball di Indonesia.

Ada tiga nama yang disebut-sebut sebagai pelopor, Dani N. Yustiadi a.k.a D-Rockz (FSI) merupakan freestyler pertama di Indonesia, Bayu Radityo a.k.a Lunatic (Ballstar) dan Richard Latunusa a.k.a Insane (MasaDepan). Richard Latunusa merupakan pendiri komunitas streetball pertama di Indonesia yaitu Future, sementara  Bayu Radityo mendirikan Ballstar. Masih banyak nama lain yang cukup berpengaruh dalam perkembangan streetball di Indonesia. Seperti Ijul Khairudin a.k.a Big Daddy (pembentuk FSI), Anwar a.k.a Hyperdrive (Future), Affan a.k.a Tsunami (031) dan lainnya.

Are u streeballers? It’s time to level up bro.

(Ghiboo)

SHARE