Ada Apa dengan Lumba-lumba dan Diabetes?

0
74

.Lumba-lumba begitu akrab dikalangan peneliti lantaran kecerdasan hewan mamalia tersebut. Tak hanya itu, dalam beberapa kesempatan, lumba-lumba mampu menjadi solusi berbagai masalah kesehatan manusia. Karena itu,para peneliti dari National Marine Mammal Asociation, San Diego, AS percaya, lumba-lumba mungkin saja bisa memberikan solusi atas penanganan kasus diabetes pada manusia.

Sebelumnya, peneliti menemukan bahwa lumba-lumba ternyata memiliki tipe diabetes yang sama dengan manusia sendiri. Hebatnya, lumba-lumba punya caranya sendiri untuk menonaktifkan atau mengaktifkan penyakit sendiri. Berdasarkan temuan itu, para peneliti menaruh harapan besar bahwa penemuan ini bisa membuka jalan baru bagi peneliti akan mendapatkan solusi teranyar bagi para penderita diabetes. Pada manusia, diabetes merupakan gejala gagalnya sistem pengolahan kadar gula dalam darah. Pada lumba-lumba, diabetes sengaja diaktifkan guna mengatasi kekurangan makan.

Ketika lumba-lumba kesulitan mendapatkan makanan, mereka secara otomatis membuat dirinya mengalami resistensi insulin yang membuat glukosa tidak dilepaskan dari darah. Akibatnya, otak tetap mendapatkan suplai energi. Keadaan kembali normal ketika suplai makanan pada lumba-lumba tidak terhambat. Salah seorang peneliti dari National Marine Mammal Association, Stephanie Venn Watson menyatakan penyakit diabetes ternyata penyakit yang berevolusi dari penyakit sebelumnya. “Dengan mempelajari teknik yang digunakan lumba-lumba, penyakit dibates bisa diobati,” tegasnya.

Sekalipun hasil penelitian sangat menarik, para peneliti sepakat tidak menggunakan lumba-lumba sebagai objek percobaan secara langsung. Peneliti hanya mengambil sampel darah dan DNA lumba-lumba untuk dianalisis dan dikembangkan.

Kita tunggu saja hasil penelitian selanjutnya apakah benar efektif.

(berbagai sumber)

SHARE