Benarkah Pantyliner Berbahaya?

0
78

.Daerah kewanitaan yang lembab merupakan problema yang dihadapi oleh hampir setiap wanita. Untuk mengatasinya, tidak sedikit kaum wanita yang memilih menggunakan pantyliner setiap harinya. Salah satunya mungkin Anda. Tetapi tahukah Anda, mengenakan pantyliner setiap hari ternyata berbahaya?

Mengejutkan memang. Penggunaan pantyliner setiap hari ternyata justru dapat mengakibatkan infeksi bakteri, jamur, serta jerawat atau bisul pada daerah genital Anda. Pantyliner (dikenal juga dengan pantiliner / panty shield) merupakan material yang memiliki daya serap untuk menjaga higienitas daerah kewanitaan. Akan tetapi bagian dasar dari pantyliner ini terbuat dari plastik, sedangkan kulit Anda tidak dapat bernafas lega melalui plastik karena kurangnya sirkulasi udara.

Seperti yang Anda ketahui, bakteri tumbuh lebih cepat pada area lembab dan bertemperatur tinggi. Ini berarti daerah kewanitaan Anda, tepatnya labia majora dan clitoris, menjadi area yang tepat bagi tumbuh kembang bakteri. Jika sudah demikian maka risiko jerawat dan iritasi pada daerah genital pun mengancam.

Oleh karena itu ada baiknya jika Anda tidak terlalu sering menggunakan pantyliner. Di bawah ini ada beberapa tips untuk menjaga agar daerah intim Anda tetap kering.

1. Gunakan celana dalam yang terbuat dari katun. Celana dalam berbahan katun menyerap keringat dengan lebih baik. Selain itu, bahan katun juga lebih nyaman karena lebih sedikit menimbulkan gesekan pada kulit sehingga meminimalisir risiko iritasi.

2.  Jangan gunakan celana terlalu ketat. Gunakanlah celana yang longgar. Celana yang terlalu ketat akan menyebabkan kulit sulit bernafas dan iritasi. Sekali-sekali cobalah juga untuk menggunakan rok saat Anda beraktivitas.

3. Pantyliner pada saat tertentu. Meskipun tidak dianjurkan, pantyliner boleh Anda gunakan pada saat-saat tertentu. Misalnya ketika keputihan sedang banyak-banyaknya, menjelang atau sesudah masa menstruasi. Pilihlah pantyliner tanpa parfum (nonperfumed) untuk menghindari iritasi kulit.

4.  Ganti celana dalam beberapa kali dalam sehari. Yang satu ini mungkin terdengar ribet. Namun tak ada salahnya bukan bersusah-susah sedikit demi menjaga kesehatan mahkota kita?

Sebelum terserang penyakit organ intim, lebih baik dijaga dari sekarang.

(berbagai sumber)

SHARE