Gita Wirjawan: Jangan Kalah dengan Orang Cina dan India

0
82

.Selain Wimar Witoelar, Christian Sugiono, dan Adrianus Harsawaskita (dosen senior Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan), acara edukasi Yahoo! Community Hall dalam rangka Hari
Pendidikan Nasional yang diselenggarakan oleh Yahoo! Indonesia juga
mengundang Gita Wirjawan.

Gita Wirjawan adalah Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Indonesia. Beliau juga mantan presiden direktur JP Morgan (2006-2008). Di depan pengunjung yang mayoritas kaum muda, Gita mengungkapkan, “Indonesia harus berpikir sebagai Indonesia Inc.” Gita berpikir bahwa lulusan universitas di Indonesia masih belum maksimal berkembang. Menurutnya, lulusan S3 (sebagaimana dikutip dari Dekan FE Universitas Indonesia) hanya 14.000 yang bertahan hidup. Sedangkan dari Cina/ India ada sekitar 500.000. Jauh ya?

Gita juga ingin masyarakat Indonesia tidak hanya kaya dari hasil menjual sumber daya alam seperti batubara dan bauksit, melainkan meningkatkan pendidikan kaum muda, supaya Indonesia dipandang sebagai negara besar. “Jangan kalah dengan orang Cina dan India,” jelasnya dengan semangat kepada pengunjung.

(Ghiboo)

SHARE