Makanan Wajib Kaum Hawa

0
60

.Maraknya pemberitaan dan iklan mengenai makanan sehat, sering menggiring kita untuk percaya bahwa makanan  tertentu lebih sehat ketimbang yang lain, ujar ahli nutrisi Elizabeth Somer, MS, RD, penulis buku Age-proof Your Body. Atau terkadang kita butuh kemasan atau label ‘mahal’ agar yakin makanan yang dikonsumsi benar-benar bermanfaat bagi kesehatan. Padahal pada kenyataannya itu semua hanyalah bahasa iklan.

“Sebelum memastikan makan adalah sehat, kita harus membaca label secara keseluruhan, melihat bahan-bahan yang digunakan dan porsi yang kita makan,” saran Tara Miller, MS, RD, ahli nutrisi dari NYU. Supaya tidak ribet, Ghiboo memberikan daftarnya untuk Anda! Berdasarkan masukan para ahli, ini dia enam makanan yang wajib dikonsumsi kaum hawa untuk tetap sehat dan kuat.

1. Yogurt rendah lemak
Porsi : 3-5 porsi / minggu.
Produk olahan susu ini diyakini bisa menekan risiko kanker payudara, sindrom iritasi usus, dan gangguan sistem pencernaan yang sering menyerang wanita ketimbang pria. Nikmati satu cangkir yogurt saat sarapan, santap siang, atau sebagai camilan akan membantu kita mendekati angka rekomendai U.S Dietary Guidelines yang menyarankan kita mengonsumsi tiga porsi olahan susu rendah lemak setiap harinya. Yogurt juga kaya akan kalsium yang baik untuk tulang.

Pilih: yogurt yang rendah lemak dengan Lactobacillus Acidophilus di dalamnya. Hindari memilih yang ada buahnya atau berasa, untuk hasil maksimal beli yogurt plain atau tanpa rasa.

2. Ikan ‘berlemak
Porsi : 2-3 porsi / minggu.
Ikan ‘berlemak’ kaya akan asam lemak Omega-3, DHA, dan EPA. Ikan ‘berlemak’ ini tidak hanya memegang peran utama dalam menjaga kesehatan dari setiap membran sel di tubuh kita saja. Tapi membantu melindungi kita dari berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, depresi, nyeri persendian, beberapa penyakit yang berkaitan dengan peradangan, serta rheumatoid arthritis, kata Laurie Tansman, MS, RD, CDN, ahli nutrisi dari Mount Sinai Medical Center di New York.

Pilih : Ikan seperti salmon, sarden dan makarel.

3. Kacang-kacangan
Porsi : 3-4 porsi / minggu.
Tak hanya rendah lemak, kacang-kacangan juga sumber protein dan serat yang baik, plus bisa melindungi kita dari penyakit jantung serta kanker payudara. Kacang-kacangan memegang peranan dalam menjaga keseimbangan hormon pada wanita, jelas Susan Krause, MS, RD, seorang ahli nutrisi.

Studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Cancer, para peneliti menemukan kacang-kacangan secara umum bisa menjadi tameng pencegah kanker payudara. Sedang studi lain yang dimasukkan dalam Archives of Internal Medicine, para dokter mendapatkan koneksi antara penurunan risiko penyakit kardiovaskular dengan banyaknya konsumsi polong-polongan. Kandungan isoflavon dalam kacang-kacangan bisa membantu wanita dalam mengatasi masalah hormon dan membantu melewati gejala PMS, perimenopause atau menopause. Jika kita sedang pada masa reproduktif, mengonsumsi kacang-kacangan bisa memberikan asupan asam folat yang stabil. Asam folat adalah nutrisi penting bagi kita yang akan dan sedang hamil.

Pilih :  kacang polong, lentil, dan kacang tanah.

4. Tomat
Porsi : 3- 5 porsi / minggu.
Likopen dalam tomat tidak hanya bisa mencegah kanker prostat, tapi juga melindungi wanita dari kanker payudara. Plus, antioksidan dalam tomat akan membantu wanita melawan penyakit jantung. Memasukkan tomat dalam piring harian kita juga akan menjaga keremajaan kulit dan melindungi kult dari sengatan sinar UV yang merusak.

5. Vitamin D: Susu rendah lemak atau jus jeruk
Porsi : setidaknya 400 IU / hari.
Nutrisi ini penting untuk membantu tulang menyerap kalsium dari usus. Vitamin D membantu menekan risiko osteoporosis. Studi yang dilakukan oleh University of California San Diego menyatakan vitamin D bisa mencegah kanker payudara, usus, dan ovarium hingga 50%.

Pilih : Ikan salmon, makarel, tuna, sarden, dan susu.

6. Beri-berian
Porsi : 3- 4 porsi / minggu.
Beri-berian adalah juaranya anthocyan, zat anti-kanker yang bertugas memperbaiki sel-sel rusak. Asupan lezat ini juga kaya akan vitamin C dan asam folat, yang sangat diperlukan wanita saat masa-masa kehamilan. Antioksidan dalam beri-berian akan melindungi jantung dan menunda proses penuaan dari luar dan dalam. Sedangkan kandungan lutein akan melindungi organ pengelihatan.

Pilih : Blueberry, strawberry, raspberry, dan cranberry

Pintarlah memilih menu sehat Anda.

(berbagai sumber)

SHARE