Menunggu MPV Mewah Mazda8

0
54

.JAKARTA – Jika Anda sedang mencari mobil keluarga yang mewah dan nyaman, tahan dulu setidaknya hingga akhir tahun ini. Pasalnya PT Mazda Motor Indonesia (MMI) akan memboyong Mazda8.

“Harganya akan sangat kompetitif untuk kelas MPV CBU,” kata President Director MMI Yoshiya Horigome di Jakarta beberapa pekan lalu.

Rasanya MMI sebagai pemegang merek kendaraan Mazda di Tanah Air begitu berharap banyak dengan Mazda8. Perkenalan Mazda8 kehadapan sejumlah jurnalis pun dilakukan bertepatan dengan ulang tahun MMI ke-5 di Indonesia.

Segmen MPV memang kelas tergemuk untuk kendaraan penumpang di negeri ini. Karenanya banyak pemain yang terjun ke segmen tersebut. Dan MMI, setelah sukses dengan Mazda2 di kelas hatchback, kini berusaha merambah ke MPV untuk memperbesar pangsa pasar mereka.

Ini artinya Mazda8 punya “tugas” yang cukup berat guna mendongkrak penjualan Mazda di dalam negeri, pasca terkereknya nama pabrikan Jepang itu akibat kemunculan Mazda2. Lalu apa bekal Mazda8 untuk melawan kompetitiornya yang juga sesama asal Negeri Sakura? Jawabannya: banyak!

Dari sisi mesin Mazda8 memiliki empat silinder dengan kapasitas 2.260. Ada teknologi DOHC S-VT yang sudah disuntikkan untuk jeroan MPV berdimensi 4.860mm x 1.850mm x 1.685mm.

Asupan bahan bakar diatur dengan sistem injeksi yang dikontrol elektronik. Bermodal mesin yang dicangkokkan dengan transmisi 5-speed Activematic itu Mazda8 sanggup menghasilkan tenaga 120 kW pada 6.500 rpm dengan torsi maksimal 203 Nm di 3.500 rpm.

Itu soal mesin. Ketika ditanya apa kenyamanan dari Mazda8, maka rasanya layak juga jika MPV ini sedikit disamakan dengan MPV premium Jepang lainnya seperti Honda Oddysey.

Misalnya pintu geser yang bisa membuka 785mm maka akses masuk dan keluar penumpang belakang lebih leluasa. Bangku pengemudi dan penumpang depan sudah punya fitur fully adjustable dengan memory. Sehingga Anda bisa mendapatkan posisi duduk ideal yang dapat disetting sesuai kebutuhan.

Jok penumpang baris kedua juga sudah menggunakan fitur headrest dan armrest yang bisa di adjustable, serta adanya sandaran untuk kaki, sehingga Anda benar-benar akan merasakan rileks. Mazda menyebut teknologi ini Super Ottoman Relax Seats.

Untuk jok baris ke tiga, Mazda menerapkan teknologi Karakuri Folding System. Fitur ini memungkinkan jok baris ketiga bisa dilipat rata dengan lantai sehingga kapasitas bagasi belakang akan semakin lebar.

Fitur-fitur lain seperti sunroof, keyless entry, advance start system with immobilizer, dual front airbags, ABS, EBD, serta BA juga sudah menjadi perlengkapan standar dari Mazda8.

Semua fitur-fitur unggulan itu memang menjadi poin penting bagi Mazda8 untuk bersaing dengan kompetitornya. Kini tinggal masalah penetapan harga. Jika MMI bisa mematok Mazda8 lebih murah dari MPV premium lain yang sudah ada, bukan tidak mungkin MPV ini akan ikut menyamai kesuksesan Mazda2. Sebagai gambaran saja, di Malaysia Mazda8 ditawarkan dengan harga Rp550 jutaan.

(berbagai sumber)

SHARE