Sepiring Donat Dapat Melindungi Jantung?

0
71

.Meski terdengar tak masuk akal, makan junk food mungkin baik bagi jantung asalkan diikuti dengan sepiring donat, kata hasil penelitian. Ini tentunya merupakan kabar baik bagi pecinta junk food. Penelitian menunjukkan bahwa minyak, dengan caranya sendiri, mampu meningkatkan otot jantung dan mengurangi jumlah kerusakan saat serangan jantung. Ketua studi Lauren Haar dari Universitas Cincinnati mengatakan, “Ini menunjukkan bahwa makanan tinggi lemak memiliki kemampuan membantu fungsi jantung.”

Peneliti AS lalu mengadakan uji coba dengan memberikan tikus pola makan seimbang dan tikus lainnya menjalani pola makan tinggi lemak selama 24 jam selama 6 minggu. Kemudian mereka dipantau kondisinya saat mengalami serangan jantung. Tentunya ini untuk melihat hubungan antara makanan berlemak dan penyakit jantung,

Anda mungkin mengira tikus yang makan banyak makanan lemak akan mengalami nasib buruk. Justru sebaliknya, mereka yang makan makanan berlemak selama dua minggu mengalami serangan jantung kategori ringan. Yang paling mencolok, tikus yang menjalani pola makan normal justru menderita kemungkinan serangan jantung 70 persen lebih besar dibandingkan dengan hewan yang diberikan makanan berlemak.

Asisten peneliti Jack Rubinstein, ahli penyakit jantung, berkata, “Sekarang, setelah Anda mengalami serangan jantung, biasanya akan disarankan menjalani diet rendah lemak, tapi kami berpikir bahwa mungkin itu kurang sesuai.” Namun, ia juga memperingatkan makanan berlemak yang terlalu banyak bisa menyumbat arteri dan menyebabkan serangan jantung.

Sebaiknya Anda tetap menyeimbangkan menu makan Anda.

(berbagai sumber)

SHARE