Waspadai! Shower Si Penebar Bakteri

0
60

.Bagi Anda yang sering menggunakan shower atau pancuran setiap mandi patut waspada. Pasalnya, penelitian terbaru menyebutkan bila Anda mandi menggunakannya saat sistem imunitas tubuh sedang tidak bagus dikhawatirkan menjadi sumber bakteri masuk menuju tubuh. Penelitian juga mencatat beberapa jenis kuman berpotensi penyebab penyakit paru serta menyebabkan masa sakit menjadi 100 hari lebih.

“Bakteri bisa keluar dari mulut shower dan dihisap oleh orang yang sedang mandi,” tukas Leah M Feazel, Ketua Tim Peneliti asal Departemen Molekuler, Sel dan Perkembangan Biologi, Universitas Colorado, Amerika Serikat.

Akan tetapi, Feazel mengggarisbawahi, hasil penelitian menunjuk pada individu dengan sistem imunitas lemah saja. Sedangkan, individu dengan sistem imunitas yang normal tidak perlu khawatir. Meski sebagian besar pakar kesehatan menyatakan tidaklah benar bila pucuk pancuran merupakan tempat bersahabat terbaik bagi bakteri dan kuman ketimbang tempat lainnya, Feazel dan Koleganya memutuskan untuk fokus pada penelitian pucuk pancuran dengan asumsi tempat ideal bagi mahluk mikroorganis untuk berkembang.

Bakteri mendapatkan makanan melalui air. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah jarang sekali individu yang membersihkan pucuk shower mereka. Para peneliti lalu menganalisis kuman yang ditemukan dalam 45 pucuk shower dari 9 kota di Amerika Serikat. Mereka menemukan variasi bakteri dari setiap pucuk shower. Kebanyakan dari jenisnya tidak membuat sakit masyarakat. Tetapi mereka juga menemukan jenis bakteri macam mycobacteria yang diyakini menyebabkan penyakit paru.

Alternatif lainya, Feazel menyarankan agar menganti pucuk pancuran secara berkala. Jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam pucuk shower. Individu yang terinfeksi HIV, pasien kanker, pasien yang sedang menjalani kemoterapi serta pasien penerima transplantasi,  berpotensi mudah terinfeksi bakteri, karena  itu, harus lebih waspada. Meski penelitian ini terbilang unik, beberapa kalangan berpendapat tidak mungkin bakteri yang berasal dari air bisa dihisap manusia. terkecuali, bakteri yang berasal dari penyejuk udara.

Walaupun hasil penelitian masih belum pasti, menjaga kebersihan peralatan mandi tidak akan merugikan kita kan..

(berbagai sumber)

SHARE