Merokok tapi tetap sehat? Anda tertipu!

0
78
Stop smoking!

Ghiboo.com – Perokok yang berpikir dirinya sehat dan bugar karena tidak memiliki gejala penyakit paru-paru mungkin saya ‘dibutakan’ dirinya sendiri.

Padahal, penelitian terbaru mengungkapkan terjadi perubahan gen embrio sel induk manusia di sel-sel saluran pernapasan perokok aktif.

Stop smoking!
Stop smoking!

Kondisi ini mengarah pada kerusakan sel-sel yang mirip dengan penderita kanker paru-paru agresif.

“Penelitian tidak mengatakan perokok aktif memiliki kanker, tapi dari hasil penelitian diketahui bahwa sel-sel saluran pernapasan mulai tidak teratur dan hilang kendali,” jelas Dr Ronald G. Crystal, peneliti dan profesor genetika kedokteran di Weill Cornell Medical College, seperti dikutip dari Dailymail (18/7).

Sel paru-paru yang sehat, sama seperti semua sel-sel tubuh, memiliki tugas yang sangat spesifik. Meskipun semua sel-sel tubuh mengandung gen yang sama, gen tersebut hanya ‘dihidupkan’ untuk tugas yang sudah ditetapkan untuk setiap sel.

Misalnya, sel paru-paru sehat hanya mengekspresikan gen yang berhubungan dengan fungsi paru, sementara sel-sel otak mengekspresikan gen otak saja. Intinya, semua sel-sel sehat dikontrol secara ketat.

Ketika Anda merokok, beberapa ‘pemrograman’ genetik sel paru-paru akan hilang. Hilangnya kontrol ini memungkinkan sel-sel kanker untuk berkembang biak tanpa kendali dan memungkinkan mereka untuk bermigrasi ke organ lain karena ‘pemrograman’ gen organ tersebut mengalami kekacauan.

SHARE