Moral Bawang Merah Bawang Putih

0
2411
Pementasan Bawang Merah Bawang Putih

Dalam cerita, juga ada pesan bahwa keserakahan hanya akan membawa petaka.

Pementasan Bawang Merah Bawang Putih
Pementasan Bawang Merah Bawang Putih

Ghiboo.com – Anda tentu ingat dengan cerita dongeng Bawang Merah Bawang Putih. Cerita ini mungkin sudah banyak yang lupa. Bahkan sebagian dari anak-anak Indonesia tidak tahu tentang cerita ini. Padahal, kisah Bawang Merah dan Bawang Putih ini sarat dengan pesan moral.

Berangkat dari kondisi tersebut, majalah Good Housekeeping bersama dengan Tiara Josodirdjo & Associates dan Tabungan BRI Junio mengangkat kembali cerita ini dalam bentuk drama musikal, bertepatan dengan libur panjang anak sekolah, 29 Juni – 1 Juli 2012 di Balai Kartini, Jakarta.

Drama musikal yang diperankan oleh Eriska Rein, pemeran dalam Film Negeri 5  Menara ini, sarat dengan pesan moral. Dalam cerita, ayah bawang putih, yang diperankan oleh Mickey Octapatika (juara III AFI 2003), sebelum meninggal berpesan agar melihat seseorang jangan hanya dari tampilannya saja.  Karena orang yang tampak buruk dari luar, belum tentu buruk dalam hatinya.

Dalam cerita, juga ada pesan bahwa keserakahan hanya akan membawa petaka. Disebutkan, Bawang Putih yang baik hati mendapat hadiah batu dari nenek mengkudu, karena telah membantunya. Setiba di rumah, batu itu dipecahkan dan berisi emas permata.

Pementasan Bawang Merah Bawang Putih
Pementasan Bawang Merah Bawang Putih

Melihat hal itu, Bawang Merah dan ibu tiri bawang putih, rela menginap di rumah nenek mengkudu di tengah hutan. Lalu, pulang dengan membawa batu yang jauh lebih besar. Tapi apa daya, setiba di rumah dan ketika batu dipecahkan, yang ada bukan emas permata melainkan hewan-hewan berbisa dan serangga menjijikkan.

Setelah kejadian ini, ibu tiri dan Bawang Merah banyak merenung. Mereka akhirnya menyadari bahwa mereka telah bersikap jahat pada Bawang Putih dan meminta maaf padanya.

Secara keseluruhan drama musikal Bawang Merah Bawang Putih ini berhasil menyampaikan pesan kepada para penonton. Agar terkesan tidak monoton, cerita pun diselipi dengan celotehan dan perilaku lucu dari sebagian pendukung cerita.

So, bagi keluarga yang belum tahu ke mana menghabiskan libur panjang ini, yuk, bawa anak-anak Anda menonton Drama musikal Bawang Merah Bawang Putih.

SHARE