Arjuna Galau, Wayang Orang Masa Kini

0
626
Roy Suryo saat pentas di wayang orang Arjuna Galau (foto: Ghiboo/Bayu)

Wayang orang Arjuna Galau, turut diperankan dari kalangan Menteri negara. Diantaranya, Roy Suryo dan Mari Elka Pangestu.

Roy Suryo saat pentas di wayang orang Arjuna Galau (foto: Ghiboo/Bayu)
Roy Suryo saat pentas di wayang orang Arjuna Galau (foto: Ghiboo/Bayu)

Ghiboo.com – Banyak cara untuk melestarikan pergelaran seni budaya dan membuatnya disukai generasi muda Indonesia saat ini.

Salah satunya, dengan mengemas pergelaran tersebut lebih segar dan moderen.

Seperti yang ditampilkan dalam pergelaran wayang orang berjudul Arjuna Galau, persembahan Wayang Orang Indonesia Pusaka (WOIP) pimpinan Jaya Suprana dan Djarum Apresiasi Budaya di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu (15/9) kemarin.

Tidak hanya diperankan para pemain teater berbakat dan sederet selebriti tanah air, seperti Maudy Koesnaedi, Wulan Guritno, Aming, Dewi Sulastri dan Feni Rose, wayang orang Arjuna Galau juga turut dimainkan oleh pejabat pemerintahan.

Seperti, Roy Suryo selaku Menteri Pemuda dan Olahraga yang berperan sebagai Prabu Kresna dan Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang berperan sebagai Nyi Damang Wanita Tama.

Kehadiran para selebriti dan pejabat pemerintah ini,  bisa dibilang memang menambah point positif dan ketertarikan bagi penonton.

Selain itu, pembawaan dialog santai yang diselingi candaan dari isu yang kini sedang hangat di tanah air membuat pergelaran Arjuna Galau semakin menarik.

Sindir Vicky Prasetyo dan Dul

Seperti saat salah satu pemain wayang Arjuna Galau menyindir kasus kecelakaan yang dialami putra bungsu Ahmad Dhani, Abdul Qodir Jaelani atau Dul.

“Anak-anak itu seharusnya diberi mobil-mobilan. Ini malah diberi mobil beneran. Harusnya latihan di sirkuit. Bukannya di jalan tol,” bunyi penggalan dialog yang diucapkan salah satu tokoh.

Sontak saja, sindiran tentang kasus kecelakaan Dul tersebut, mengundang gelak tawa penonton.

Sisi humor lain yang ditampilkan dalam pertunjukan, ketika beberapa pemain wayang menggunakan kata-kata berakhiran ‘sasi’, yang kerap digunakan Vicky Prasetyo mantan tunangan Zaskia Gotik.

Candaan kata-kata ‘super intelek’ ala Vicky ini pun disambut riuh tawa penonton.

Overall, pertunjukkan Arjuna Galau berjalan dengan sukses dan luar bisa. Dari segi peran, tata panggung, pengiring musik dan berbagai atribut yang digunakan.

Cerita Arjuna Galau

Secara garis besar, wayang Arjuna Galau berkisah tentang seorang jagoan memanah, tampan, gagah dan yang tidak terkalahkan bernama Arjuna.

Dengan pesonanya yang sangat digilai para wanita, ternyata ‘panah asmara’ Arjuna tertuju pada seorang prajurit wanita yang cantik dan juga jago memanah bernama Srikandi.

Srikandi merupakan anak Prabu Drupada Raja Pancala. Ia menjadi rebutan kaum lelaki dan penguasa dari kerajaan lain.

Kewalahan dengan banyaknya pria yang mengejar putrinya, membuat Prabu Drupada terpaksa menggelar sayembara untuk mencari pasangan yang tepat putrinya.

Caranya, setiap pria yang ingin ikut sayembara harus mengutus jagoan panah perempuan mereka untuk bertanding dengan Srikandi.

Sampai akhirnya, jagoan panah Arjuna, bernama Dewi Larasati memenangkan sayembara, dan Arjuna pun berhasil memiliki Srikandi.

SHARE