Cara Nugie ajari anak cinta lingkungan

0
198
Nugie
Nugie
Nugie diapit Walikota Jakarta Pusat, Syaifullah Yusuf dan wamen ESDM Susilo Siswoutomo. (Foto by Bartno)

Ghiboo.com – Aktivis lingkungan, Nugie, pelantun lagu “Tertipu, Burung Gereja, Teman Baik” yang juga tergabung dalam Dance Company punya cara jitu untuk mengajarkan kedua anaknya mencintai bumi.

Musik
Melalui hobinya, Nugie menciptakan beberapa lagu mengenai lingkungan. Yang ia terus dendangkan ke anak-anaknya.

Sehingga anaknya bertanya apa itu sampah organik, non-organik dan residu. Dari situlah pemahaman mengenai cinta lingkungan, Nugie tanamkan.

“Saya selalu mengajak nyanyi-nyanyi yang berkaitan dengan sampah. Dan akhirnya mereka juga menyanyikan juga ke teman-temannya. Lalu kemudian mereka bertanya apa arti dari lagu-lagu ini,” jelas Nugie dalam suatu acara CSR Pertamina di Monas, Jakarta, kemarin (15/9).

Contoh
Nugie tak hanya bicara, ia juga memberikan contoh akan cinta lingkungannya. Seperti ia selalu membawa kantong yang sama, menggunakan kardus untuk setiap belanja harian dan bulanannya.

“Isi tas saya selalu ada plastik yang saya lipat untuk belanja harian atau bulanan. Anak saya juga saya kasih lihat setiap saya dan dia belanja di toko kelontong.

“Anak saya pernah menanyakan kok Dada (panggilan khas Nugie dari anaknya) pakai plastik lecek itu. Saya jelaskan, kalau kamu pakai plastik baru terus, nanti banyak sampah, dan bumi kita jadi ga enak. Jadi sekarang setiap dia jajan, dia selalu nanyain tas lipatnya mana?

“Yang gampang diikutin anak-anak kita adalah meniru dari orang-orang yang lebih dewasa di sekitarnya. Jadi anak-anak itu sangat gampang dan responsif dalam gerakan bumi hijau.”

Dan mengenai masih adanya warga Indonesia yang belum mau buang sampah pada tempatnya, Nugie menyarankan, “perlunya law enforcement untuk hal ini. Saya pribadi akan berusaha menegor kalau ada orang buang sampah sembarangan.”

Nugie menikah dengan Shinta Dewi pada April 2005. Dan kini dikaruniai sepasang putra dan putri yakni Arkazora Nugraha (6 tahun) dan Brigitta Nikaia Nugroho (2 tahun).

SHARE