Wapres: tidak perlu larangan beli mobil baru

0
87
Karimun Wagon R (Foto by Pius Ghiboo)
Karimun Wagon R (Foto by Pius Ghiboo)
Karimun Wagon R (Foto by Pius Ghiboo)

Ghiboo.com – Peraturan pemerintah mengenai LCGC (Low Cost green Car) untuk menghasilkan produk mobil yang lebih terjangkau masyarakat, banyak dikritik malah akan meningkatkan kemacetan.

Banyaknya kendaraan, disinyalir menjadi salah satu biang kerok kemacetan di kota-kota besar.

Tapi Wakil Presiden Boediono dalam sambutan pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 kemarin di Jakarta International Expo, Kemayoran, memiliki pendapat lain. “Tidak perlu ada larangan bagi masyarakat untuk membeli kendaraan, karena pada hakikatnya peningkatan ekonomi memberikan pengaruh pada peningkatan daya beli masyarakat.

“Kita bisa mencari solusi lainnya dalam mengatasi masalah kemacetan di Jakarta, antara lain dengan peningkatan kualitas dan kuantitas transportasi publik serta menerapkan aturan-aturan seperti electronic road pricing (ERP). Hal penting lainnya adalah bagaimana memeratakan distribusi produk kendaraan bermotor di kota-kota lain di Indonesia, karena memang kebutuhan di sana masih sangat besar. Hal ini tentu perlu kita kaji dan carikan solusinya bersama-sama.”

Pada IIMS 2013 ini, ada lima produk LCGC yang diperkenalkan yakni, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Datsun GO, Tata Vista dan Karimun Wagon R.

Dari lima produk tersebut baru 3 mobil ramah lingkungan yang sudah dijual kepada konsumen yaitu si kembar Agya dan Ayla, serta Tata Vista. Sementara untuk Suzuki Karimun Wagon R baru akan di launching setelah Oktober tahun ini untuk Datsun GO baru akan dijual tahun 2014 mendatang.

SHARE