Hati-hati menggunakan mobile banking

0
99
Ilustrasi mobile banking (bfcu.org)

Berikut beberapa tips aman bertransaksi menggunakan Mobile Banking:

Ilustrasi mobile banking (bfcu.org)
Ilustrasi mobile banking (bfcu.org)

Ghiboo.com – Dengan adanya layanan Mobile Banking, nasabah tidak perlu lagi pergi ke ATM atau kantor cabang terdekat untuk melakukan transaksi perbankan. Nasabah cukup menggunakan telepon seluler (ponsel), dan seketika transaksi keuangan Anda berjalan lancar.

Saat ini, sudah banyak bank yang dilengkapi dengan layanan Mobile Banking. Layanan ini memungkinkan nasabah untuk akses rekening secara cepat, aman serta mudah. Nasabah dapat membayar tagihan, isi ulang pulsa atau sekedar melihat sisa saldo di rekening.

Standard Chartered merupakan satu dari sekian banyak bank yang mempunyai layanan Mobile Banking. Layanan ini bernama Breeze Mobile Banking. Dengan layanan Breeze, nasabah dapat melihat semua transaksi dalam tampilan baris, dapat memonitor setiap transaksi mingguan atau bulanan.

Nasabah juga dengan mudah melakukan isi ulang pulsa dan membayar tagihan di mana pun dan kapan pun. Mudah kan!

Namun, meski transaksi melalui Mobile Banking sangat mudah dan cepat, Anda juga perlu cerdas memanfaatkan layanan ini. Berikut beberapa tips aman bertransaksi dengan Mobile Banking:

Kredibilitas Bank
Sudah banyak bank yang memiliki layanan Mobile Banking. Jadi, jika Anda ingin menggunakan layanan ini, pastikan kredibilitas bank. Ini untuk menjamin bahwa uang yang Anda simpan di bank benar-benar aman.

Setidaknya terdapat dua model Mobile Banking, yaitu model SMS dan model Tool Kit yang sudah terintegrasi pada kartu perdana Anda. Keduanya memiliki tujuan yang berbeda. Sebaiknya Anda tanyakan kepada petugas bank tentang dua model tersebut. Sehingga Anda tidak salah pilih dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jangan Simpan PIN/Password di Ponsel
Jangan menyimpan nomor PIN atau password Anda di ponsel. Karena jika suatu saat Anda kehilangan ponsel, dan ditemukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, tidak menutup kemungkinan isi rekening Anda dapat berpindah ke orang lain.

Dan bila ponsel Anda hilang, segera hubungi Customer Service bank. Tujuannya untuk memblokir semua transaksi melalui Mobile Banking yang dilakukan orang yang tidak bertanggung jawab.

Saran, PIN dan password sebaiknya terdiri dari 8 digit dan gabungan antara angka, huruf dan simbol. Dengan melakukan hal tersebut rekening Anda akan sulit untuk dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Jumlah Transaksi
Sebaiknya manfaatkan Mobile Banking untuk transkasi dalam jumlah kecil. Untuk transaksi jumlah besar, sebaiknya Anda lakukan di bank terkait. Hal ini dimaksudkan agar Anda selalu aman dalam bertransaksi.

Ada baiknya pula, layanan Mobile Banking digunakan untuk kegiatan sederhana saja, misal cek saldo atau mutasi rekening.

Pastikan pula setiap Anda melakukan transaksi, ada bukti transaksinya. Ini untuk berjaga-jaga jika kelak ada masalah. Oleh karena itu, setiap transkasi, terutama transfer dana, jangan lupa minta dan simpan bukti transaksi Anda. (Tomi Nala)

SHARE