Matahari Buatan Norwegia

0
83
Matahari Norwegia (Photo by Travideos.com)

Bernama Sunrunner

Matahari Norwegia (Photo by Travideos.com)
Sunrunner (Photo by Travideos.com)

Norwegia terkenal dengan musim dinginnya yang cukup panjang, bahkan masyarakatnya pun jarang sekali menikmati sinar matahari dengan cukup lama.

Dua seniman yang berasal dari Norwegia, Lisa Pacini dan Christine Istad pun membuat sebuah matahari buatan dengan menggunakan ratusan lampu LED seperti dilansir dari Cnet.com, Rabu (25/09).

Matahari buatan bernama “Sunrunner” berdiameter sekitar 3 meter ini ditarik menggunakan truk dan dibawa berkeliling mengitari Norwegia. Sebenarnya karya seni ini sudah dibawa berkeliling Norwegia sejak tahun lalu dan mendapatkan begitu banyak tanggapan positif dari masyarakat.

Uniknya, perjalanan matahari buatan tersebut tidaklah selalu berjalan mulus.  Truk pengangkut matahari buatan tersebut sudah mengalami enam kali kecelakaan karena jalan yang licin dan cuaca yang tak baik.

Oktober ini, matahari buatan tersebut akan digantung selama enam bulan di Culture House di Rjukan, dimana terdapat kaca besar yang telah memantulkan cahaya matahari memusat di taman kota. 

SHARE