Menahan godaan barang diskon

0
151
Ilustrasi by: socialmediabuff.com/

Sebelum Anda berbelanja, cobalah membuat daftar barang yang akan dibeli.

Ilustrasi by: socialmediabuff.com/
Ilustrasi by: socialmediabuff.com/

Ghiboo.com – Siapa sih yang tidak tergoda melihat barang yang kita sukai sedang turun harganya, alias diskon? Apalagi potongan harganya tinggi. Tentu Anda kan tergoda dan tertarik membelinya.

Namun, terkadang, barang diskonan itu tidak terdapat di daftar belanja bulanan Anda. Supaya Anda tidak terjebak barang diskon, dan pengeluaran Anda tidak membengkak, perhatikan beberapa aturan di bawah ini:

Membuat daftar belanja
Sebelum Anda berbelanja, cobalah membuat daftar barang yang akan dibeli. Aturannya adalah: Anda tidak diperbolehkan membeli barang lain kecuali yang sudah tertera di dalam daftar tersebut. Cara ini cukup efektif mencegah membeli barang diskon di luar daftar.

Credit card vs cash
Sebelum mengunjungi mal atau pusat perbelanjaan, pastikan sudah menyiapkan uang tunai untuk membayar apapun yang Anda beli. Membawa uang secukupnya akan membantu Anda menghindari belanja secara impulsif. Jika ingin berhemat, jangan bawa kartu kredit Anda!

Membeli barang yang dibutuhkan
Sebelum membeli sesuatu yang serba diskonan, ingatlah bahwa barang tersebut memang Anda butuhkan. Jangan sampai membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan hanya karena harga murah. Murah atau tidaknya suatu barang, tidak ada gunanya menghabiskan uang untuk sesuatu yang tidak akan pernah Anda gunakan.

Perbandingkan harga
Jangan hanya terpatok pada satu toko dan menjadi kalap ketika Anda melihat label harga. Misalnya, Anda ingin membeli iPhone terbaru, jangan segera membelinya. Coba cari referensi harga di toko-toko lainnya atau browsing di toko online.

Jangan belanja sendirian
Belanja bersama keluarga atau teman akan membantu Anda ketika harus meminta pendapat akan suatu barang. Ini penting agar Anda tak mengambil keputusan tergesa-gesa sebelum memutuskan membeli barang tersebut.

Tapi, bila Anda adalah pengguna kartu kredit Standard Chartered, dan termasuk orang yang gemar belanja, Anda dapat mengikuti promo mendapatkan voucher belanja sebesar 1 juta rupiah.

Promo ini akan berakhir 31 Oktober mendatang. Untuk mengikuti promo ini, nasabah harus melakukan pendaftaran dengan cara mengirim SMS ke 68000. Formatnya: GETVOUCHER (spasi) 8 angka terakhir nomor kartu kredit.

Voucher yang diberikan adalah voucher belanja Matahari Rp 1 juta. Voucher diberikan kepada 1000 nasabah pertama yang terdaftar dan melakukan transaksi retail di mana saja minimal sebesar Rp 20 juta selama 2 bulan periode promo dan tidak berlaku kelipatan.

SHARE