Yang unik dari patung lilin BP

0
320
Patung lilin BP [photo by Bayu Ghiboo]

Ghiboo.com – Patung lilin Pertama kali di Indonesia patung lilin Bambang Pamungkas [BP].

Patung lilin BP [photo by Bayu Ghiboo]
Patung lilin BP [photo by Bayu Ghiboo]
Patung BP diprakarsai oleh Syair.org dan X-Art [wadah komunitas kreatif seni rupa] dalam rangka kampanye HIV-AIDS Syair Untuk Sahabat Foundation. Dan untuk pertama kalinya diperkenalkan ke publik Indonesia dalam acara “Charity Photo Hunting” [CPH] di Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta, Sabtu (5/10).

Seniman yang mengerjakannya adalah Veri Apriyatno, dibantu oleh pendiri Syair.org dan X-art, Yudhi Oktav, dan komunitas seni X-Art.

Namun ada yang unik dalam pembuatan patung ini yang memakan waktu hampir 4 bulan.
1. Studio patungnya menggunakan ruang tamu Yudhi Oktav.
2. Alis patung lilin BP terbuat dari bulu betis pembuatnya, Veri Apriyatno.
3. Mayoritas bahan pembuat diimpor.
4. Rambut patung lilin BP dari tiga orang.
5. Kumis patung BP dari jenggot Yudhi Oktav.
6. Kepala patung BP merupakan cetakan keenam.
7. Mata patung BP adalah cetakan yang ke-20 sekian.
8. Diakui pembuatnya warna kulitnya belum akurat.
9. Istrinya BP menilai, patung BP lebih bagus dari aslinya.
10. Yang paling sulit adalah detail menanamkan rambut, karena harus satu per satu menggunakan jarum.

Patung lilin BP dalam ukuran sebenarnya dapat disaksikan umum di Lotte Shopping Avenue selama seminggu ke depan. Menurut Yudhi saat ditanya mengenai harga patung ini:

“Sebagai ilustrasi saja Madame Tussauds mematok harga patungnya 3-4 m. Kita tidak mau mematok berapa, kita lihat rejeki kita berapa. Jangan-jangan besok ada yang berbaik hati utk membeli ‘ini deh kita sumbang 2 m’, ya kita terima aja. Kalo lelang kita belum berpikir.

“Paling penting bagi kita, saya Veri, X-Art, BP, adalah memberikan apresiasi tokoh, legenda masyarakat. Ini saja jadi saya sudah bangga. Kalau itu memang ada rezekinya akan datang sendiri.”

BP berharap, “semoga patung ini bisa menginspirasi banyak pihak untuk mau menyisihkan waktu, tenaga dan penghasilan kepada anak-anak HIV yang ada di sekitar kita.”

Sebagai proyek selanjutnya, Yudhi, Veri dan X-Art akan membuat patung Gubernur DKI Jakarta, Jokowi. “Semoga yang kedua kita bisa merealisasikan Pak Jokowi. Secara prinsip Pak Jokowi sudah bersedia,” jelas Yudhi lagi.

SHARE