Berwisatalah dengan Hati

0
108
Travel With Heart

Mary Sasmiro menceritakan bukunya: Travel with Hearth.

Travel With Heart
Travel With Heart

Teks @Bartno
Foto Ulia

Ghiboo.com – Buku travel yang satu ini Travel With Heart dapat menjadi panduan cara lain dalam menikmati jalan-jalan Anda. Buku setebal 240 halaman karya Mary Sasmiro asal Jakarta, diterbitkan sehari sebelum hari ulang tahunnya pada Maret 2013. “Saya bersyukur dan memandangnya seperti sebuah kado ulang tahun yang istimewa,” tutur Mary kepada Ghiboo.

Proses pembuatan buku ini dimulai Mary sejak April 2012. Ide awal Travel With Heart didasari atas dorongan seorang temannya yang mengatakan “Jangan hanya menulis untuk majalah”. Mary lantas menjawab “Hmmm, why not. That’s the best way to immortalize my own journal. Sekalian bisa di-share ke orang-orang. Siapa tahu bisa berguna sebagai reference.”

Berwisata dengan hati, kira-kira begitu terjemahan dari Travel With Heart. Mary mengangguk, “literally ya seperti terjemahannya, melakukan dan menikmati perjalanan dengan hati. Tidak sekadar jalan-jalan, foto-foto di landmark suatu kota tanpa tahu apa-apa. Tapi dinikmati, membayangkan bagaimana kehidupan orang lokal, budaya lokal, dan sedikit banyak tahu tentang tempat yang kita kunjungi jadi lebih bisa menghayati dan menghargai tempat yang kita kunjungi. Jadi bisa lebih menikmatinya.”

Dari 23 tempat yang dikisahkan buku ini, ternyata belum semua menceritakan perjalanan wisata Mary si penggemar komik Tintin dan serial James Bond ini. “Belum. Masih ada kota-kota lain yang belum dimuat di sana.”

Itu berarti akan ada buku kedua?
Sambil tersenyum Mary menjawab, “Sedang digodok dengan pihak Gramedia untuk buku ke-2. Temanya masih tentang jalan-jalan cuma sedikit berbeda dari buku yang pertama. Ada tambahan bumbu. Doakan saja bukunya akan cepat rampung dan saya akan terus bisa menulis dan berbagi cerita.”

Mary Sasmiro yang baru saja melepas masa lajangnya saat ini tinggal di Amerika bersama suaminya, Anda dapat mengenalnya lebih dekat lagi lewat Twitter @travelwHEART. «

SHARE