Kenali Istilah Travel 3.0

0
116
Ilustrasi traveler

William D. Chalmers menjelaskan makna Travel 3.0

Ilustrasi traveler
Ilustrasi traveler

Teks @bartno
Foto venturegalleries.com

Ghiboo.com – Berwisata tak hanya sekadar jalan-jalan saja, tapi ada suatu makna di balik kegiatan berwisata itu. Dari makna tersebutlah yang dimaknai oleh masing-masing traveler muncul istilah-istilah dalam traveling. Salah satunya adalah Travel 3.0.

William D. Chalmers seorang professional traveler yang juga berprofesi sebagai penulis menjelaskan apa yang dimaksud dengan Travel 3.0. Travel 3.0 dapat disimpulkan dalam tiga kata:  autentik, menantang dan partisipatif.

Maksud dari ketiga kata tersebut adalah daripada terasing dalam suatu resort yang jauh dari penduduk lokal, Travel 3.0 mengajak Anda keluar dari zona nyaman liburan untuk merasakan autentik, tantangan dan partisipasi dalam pengalaman Anda bersama penduduk lokal.

Sehingga, pengalaman berwisata Anda adalah mengenai menemukan hati tempat wisata, lebih dekat lagi dengan menjalin persahabatan dengan penduduk lokal. Artinya benar-benar merasakan peleburan budaya. Ini juga berarti berusaha merasakan lebih hidup dan terhubung dengan manusia lainnya. Pada pokoknya, Travel 3.0 adalah tentang belajar menumbuhkan empati dan pengertian mengenai dunia yang kita tinggali dan jelajahi.

 So, mau menjadi Travel 3.0, traveler? «

SHARE