Raih Kualitas Tidur Anda!

0
122

Mungkin Anda pernah mengalami susah tidur. Terasa menyiksa, bukan. Apalagi jika besok ke kantor. Berikut 10 langkah mendapatkan tidur berkualitas…

Teks @innesspw
Foto Courtesy of wordpress.com

 

Ilustrasi perempuan mengalami insomnia
Ilustrasi perempuan mengalami insomnia

[dropcap style=’square’]S[/dropcap]USAH tidur memang menyiksa. Apalagi jika keesokan harinya, Anda bekerja. Saat diserang insomnia, Anda akan berusaha untuk membuat diri mengantuk dengan cara menonton acara televisi , membaca buku, bahkan minum obat tidur.

Sebagaimana dilansir dari Female First, ada 10 langkah mendapatkan waktu tidur berkualitas. Ini dia:

1. Miliki jam tidur yang reguler dan rasional. Buatlah waktu di mana Anda harus patuh untuk segera tidur dan bangun setiap harinya, sehingga tubuh Anda akan terprogram untuk tidur lebih baik.

2. Ciptakan lingkungan tidur yang nyenyak. Kamar tidur Anda harus dirancang sebagai tempat istirahat. Pastikan suhu dalam kamar tidak terlalu panas atau terlalu dingin dan buatlah setenang serta segelap mungkin.

3. Pastikan tempat tidur Anda nyaman. Sangat sulit untuk bisa tidur nyenyak jika tempat tidur Anda terlalu keras, lembab atau sempit.

4. Olahraga lebih banyak. Usahakan untuk teratur melakukan olahraga ringan, seperti berenang atau berjalan kaki yang dapat meringankan stres dan ketegangan. Jangan lakukan olahraga terlalu dekat dengan waktu tidur Anda atau setelah Anda bangun tidur.

quote insomnia5. Kurangi kafein, baik dalam kopi maupun teh terutama pada malam hari. Kafein berlebih justru mengganggu tidur dan mencegah Anda untuk tidur nyenyak. Sebagai gantinya, minumlah teh herbal atau susu hangat.

6. Jangan terlalu banyak minum alkohol terutama pada larut malam sebelum tidur yang dapat mengacaukan pola tidur Anda. Memang benar, alkohol dapat membantu Anda tertidur lebih awal, tapi justru akan mengganggu tidur Anda pada larut malam.

7. Jangan merokok. Tentu saja, merokok memperburuk tidur Anda. Merokok membuat seseorang lebih lama untuk tertidur, lebih sering terbangun di malam hari dan lebih banyak mengalami gangguan selama tidur.

8. Cobalah untuk rileks sebelum tidur. Mandi air hangat, mendengarkan musik yang slow atau melakukan yoga menjadi pilihan yang baik bagi pikiran dan tubuh Anda.

9. Hilangkan kecemasan, beban pekerja bahkan pikiran tentang tugas yang belum diselesaikan.

10. Jika Anda masih tidak bisa tidur, cobalah bangun dari kasur dan lakukan sesuatu yang dapat membuat Anda rileks sampai Anda merasa mengantuk kembali, dan kemudian kembali ke kasur untuk tidur.«

SHARE