Whulandary: “Beauty is Pain”

0
164

Demi meraih tubuh ideal, Whulan konsisten mencari keringat. Setiap hari, Whulan rutin melakukan push up 100 kali sebelum dan setelah tidur.

Teks: @innesspw
Foto: @boyMALI

Whulandari 4[dropcap style=’square’]K[/dropcap]AMI KEDATANGAN TAMU ISTIMEWA, malam itu. Di saat sebagian karyawan sudah pulang, Puteri Indonesia 2013 Whulandari Herman mampir ke kantor Ghiboo.

Ia mengatakan sudah berada di Jakarta sejak tiga hari lalu, setelah mengikuti ajang Miss Universe di Moscow, Rusia. Di kontes kecantikan sejagat itu, ia masuk babak 16 besar.

Dalam perbincangan hangat di sofa, bicara topik kecantikan, Whulandary mengatakan sebagai penganut paham beauty is pain. Salah satunya ia sudah jarang makan nasi. Sebulan hanya sekitar dua kali ia mengkonsumsi makanan pokok tersebut.

Sebagai gantinya, Whulan, panggilan akrabnya, lebih memilih memakan 10 butir telur rebus tanpa kuningnya setiap hari.

“Aku nggak pengin gemuk, makanya sudah lima tahun terakhir ini aku memilih jadi vegetarian,” ujar Whulan, yang malam itu mengenakan mini dress batik, dan kepalanya berhias mahkota Puteri Indonesia.

“Untungnya aku nggak terlalu suka daging, jadi memudahkanku untuk menjadi vegetarian.”

Demi meraih tubuh ideal, Whulan konsisten mencari keringat. Setiap hari, Whulan rutin melakukan push up 100 kali sebelum dan setelah tidur.

“Aku itu hobi nge-gym,” kata perempuan peraih gelar Asian Top Model of The Year 2010 itu. “Tapi karena aktivitas sekarang sangat padat, aku memilih untuk olahraga di rumah.”

Tentu saja, sejak didapuk menjadi Puteri Indonesia 2013, waktu senggang Whulan tidak banyak. Bahkan untuk perawatan kecantikan, Whulan sampai tak sempat ke salon. Lantas bagaimana cara ia menjaga kecantikannya?

“Aku percaya minum air putih setelah bangun tidur, itu baik untuk kesehatan dan kecantikan. Aku tidak suka ke salon. Aku juga lebih suka melakukan perawatan kecantikan di rumah saja,” tutur Whulan.

Jual keripik balado di Miss Universe
Whulan lahir dan dibesarkan di Pariaman, Sumatera Barat. Ia menyelesaikan pendidikan hingga SMA di Padang. Tahun 2007, ia memutuskan hijrah ke Jakarta dan memulai karier dalam bidang modelling.

Bangga bukan main, pilihannya terjun ke dunia model, ditambah kecerdasannya, mengantarnya ke panggung Miss Universe di Moscow, 9 November lalu.

Dan di sana, Whulandari punya kisah menarik. Ceritanya, ia berangkat ke Moscow membawa delapan koper. Isi kopernya baju batik, sandal batik, makanan rendang, keripik balado, keripik kulit, ikan patin dan masih banyak lagi.

Tidak disangka, selama di karantina, berkenalan dan akrab dengan kontestan lain, isi kopernya ‘diserbu’ terutama makanan. Awalnya sih sekadar icip-icip, tapi mereka malah ketagihan, ujar Whulan.

“Aku suprise, mereka suka masakan Indonesia yang aku bawa, seperti rendang, keripik balado, keripik kulit dan ikan patin. Tapi karena mereka suka, aku jual deh,” ujar Whulan.

Tak hanya itu, baju-baju yang dikenakan Whulan selama masa karantina juga dilirik kontestan lain. Alhasil, baju batik, sandal batik, hingga aksesori laris diburu kontestan negara lain.

“Mereka itu excited banget. Saking banyak yang suka dengan keripik balado, mereka sampai googling letak Sumatera Barat,” kata ia, mengenang momen itu.

Pada kontes yang dimenangi Maria Gabriela dari Venezuela itu, Whulan juga membawa topeng reog yang kemudian dilelang dan uangnya didonasikan untuk membantu anak-anak HIV di Moscow.

“Harga awal saat pembukaan lelang ditawar 500 dolar dan akhirnya laku 8.000 dollar,” ujar juara pertama Asia Top Model 2010 di China.

WhulandariMasuk 16 Besar Miss Universe
“Setiap ikut lomba, pasti ingin yang menjadi yang terbaik. Tapi semua kembali ke juri dan Tuhan,” kata Whulan

Tekat, kerja keras dan doa mengantarkan Whulan masuk 16 besar. Whulan juga menyabet peringkat keempat the best national costume melalui kostum reog. Berkatnya pula, nama Indonesia kembali dipanggil karena berhasil masuk tiga besar best dress evening gown.

“Alhamdulillah setelah 10 tahun Indonesia mengirim perwakilan dan nggak pernah dapat gelar, tahun ini nama Indonesia dipanggil lagi,” tuturnya bangga.

New York Fashion Week
Sejak masuk top 16 di ajang Miss Universe, kariernya semakin bersinar. Bahkan, Whulan mendapat tawaran dari guru fashion-nya untuk tampil di New York Fashion Week pada Februari 2014.

“Aku pikir, aku memang harus coba. Awal Februari nanti, aku bakal ikut audisinya. Yang penting ikut dulu, dapat atau nggak ya nggak masalah,” katanya.

SHARE