Dempagumi Goyang Jakarta

0
260

Malam itu, Dempagumi sukses menggoyang para penggemarnya yang berada di Jakarta.

Dempagumi
beginilah Dempagumi menunjukkan posisi equalizer musik mereka

Teks @ratihwinanti
Foto @HaabibOnta

[dropcap style=’square’]A[/dropcap]NDA NGGAK SALAH BACA. Kami nggak salah nulis. Dempagumi memang kembali menggoyang Jakarta. Tapi yang ini adalah nama kelompok musik asal Jepang.

Tak puas dengan dua penampilan mereka di Jakarta [Februari dan September 2013], pada Sabtu [30/11] lalu, girlband asal Jepang, yang dikawal Risa Aizawa, Furukawa Mirin, Yumemi Nemu, Eimi Naruse, Mogami Moga, dan Fujisaki Ayane ini kembali datang untuk mengisi J-Music Lab di f(X) Senayan. Malam itu, Dempagumi sukses menggoyang para penggemarnya yang berada di Jakarta.

J-Music Lab adalah ajang untuk menjadi tempat belajar, bersosialisasi, menikmati dan menjelajahi dunia yang menakjubkan melalui musik Pop Jepang dengan cara yang kreatif dan menyenangkan. Tahun ini, J-Music Lab yang digelar dari 15 November 2013 sampai 15 Desember 2013 ini diadakan untuk membidik industri musik di Asia Tenggara, khususnya Indonesia – kawasan yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang pesat. Untuk pertama kalinya acara ini diadakan di Jakarta.

Sebelum naik ke panggung, Dempagumi menyempatkan diri untuk menemui awak media. Menggunakan kaos krem, rok mini putih, dan sneakers yang juga berwarna putih, Dempagumi menyapa ramah Ghiboo. Berikut adalah hasil wawancara Reporter Ratih Winanti Rahayu dan Fotografer Pandu Gumilar dengan keenam personel Dempagumi.

Dempagumi, apa kabar?
Baik [sambil tertawa kecil].

Bagaimana awal terbentuknya Dempagumi?
Eimi Naruse: Awalnya kami sering nongkrong di sebuah tempat di Akihabara, namanya Dear Stage. Suatu hari, diadakan sebuah audisi di situ. Lalu kami iseng-iseng ikut audisi tersebut. Hingga akhirnya kami dilihat oleh salah satu produser. Lalu terbentuklah grup ini.

Dempagumi 4
Risa Aizawa: ekspresiku udah mirip anime belum?

Apa arti Dempagumi?
Risa Aizawa: Dempagumi itu terdiri dari dua kata, yaitu Dempa dan Gumi. Dempa itu artinya sinyal handphone, dan Gumi itu artinya grup. Jadinya, kami mau grup ini dapat memancarkan dan mengenalkan lagu-lagu mereka ke seluruh dunia.

Apa konsep musik yang diusung Dempagumi?
Eimi Naruse: Konsep musik mereka itu Moe Kyun Song. Moe itu artinya elo berbunga-bunga. Terus kalau Kyun itu artinya kayak ‘deg’ ‘gitu. Kayak mengena di hati. Jadi, konsep musik kami itu yang bisa menyentuh hati dan bikin hati elo bahagia dan berbunga-bunga ‘gitu. Intinya, kami mau menghibur para pendengar.

Siapa musikus yang jadi influencer buat musik kalian?
Risa Aizawa: Bicara soal musikus yang menjadi inspirasi kami dalam bermusik, masing-masing dari kami mempunyai favorit. Mogami Moga sangat menyukai musik-musik metal, seperti Korn, Slayer, dan beberapa band metal asal Jepang. Gue sih suka banget musik-musik anime dan musik-musik dari Jepang. Fujisaki Ayane sangat menyukai musik-musik idol dan anime song. Sedangkan, Mirin Furukawa lebih memilih idol song dan anime song, dan Yumemi Nemu sangat terinspirasi musisi-musisi dari genre Dempa song.

Siapa yang menginspirasi penampilan/dandanan kalian?
serentak: Kyary Pamyu Pamyu [artis Jepang yang jadi kiblat mode artis pop di sana-red]

Deskripsikan Dempagumi dalam tiga kata…
serentak: Otaku! [Otaku adalah orang-orang yang sangat menyukai anime dan manga-red]
[berpikir] serentak: Moe Kyun Song!
[berpikir lagi] serentak: Omatsuri! [pesta atau festival-red].

Apakah Dempagumi berencana merilis album lagi?
Yumemi Nemu: Tanggal 11 Desember ini, Dempagumi akan merilis album baru lagi. Ini album kedua Dempagumi, tapi ini adalah album yang pertama dengan personel yang baru.

Kemudian, wawancara kami lanjutkan dengan pertanyaan yang menyangkut pribadi mereka masing-masing.

Siapa yang paling jahil?
Serentak mereka menunjuk Yumemi Nemu. Menurut teman-temannya, Yumemi seringkali menempelkan stiker-stiker di wajah teman-temannya.

Dempagumi 3
Ayane Fujisaki: aduh, aku lupa lagi judulnya

Siapa yang dandannya paling lama?
Mereka menjawab Eimi Naruse yang dandannya paling lama di antara mereka. Eimi mengaku banyak sekali krim-krim dan make-up yang harus dia pakai.

Siapa yang makannya paling banyak?
Lagi-lagi serentak mereka menunjuk Yumemi Nemu. Ditunjuk oleh teman-temannya, Yumemi pun sontak tersenyum malu dan menutup mukanya. Tapi lalu Yumemi membela diri, dan mengatakan dia makan banyak karena badannya tinggi. Jadi, dia butuh makan lebih banyak.

Siapa yang paling susah dibangunin?
Secara bersamaan dan sambil tertawa, mereka menunjuk Fujisaki Ayane.

Siapa yang paling suka gonta-ganti pacar?
Mereka pun kompak menggelengkan kepala, dan menjawab tidak ada yang pernah gonta-ganti pacar. Uhm, percaya nggak yaa?

Apakah kalian bersedia kalau ada pria Indonesia yang ingin jadi pacar kalian?
Risa Aizawa: Karena kami idol, kami tidak boleh pacaran.

Eimi Naruse: Waktu pertama kali datang ke Indonesia, saya sempat nyasar. Kemudian ada satu pria Indonesia yang akhirnya membantu saya. Kalau saya bukan idol, saya mau pacaran sama pria itu. Tapi, sebenarnya kami suka sekali pria dengan senyuman manis.

———

dempagumi 2
eh, lho, kok nggak kompak?

Dempagumi Showcase
Wawancara selama 15 menit tersebut terpaksa kami sudahi karena Dempagumi akan bersiap-siap tampil dalam showcase mereka. Malam itu, Dempagumi manggung dalam show terakhir. Performa pertama dan kedua diisi dengan penampilan Persona, Dance Cover, dan pengisi acara lainnya. Pada show terakhir, Dempagumi tampil membawakan lima lagu.

Dempagumi tampil atraktif dan enerjik pada malam itu. Mereka bernyanyi sambil melakukan beberapa koreografi. Penonton yang mayoritas adalah pria tersebut turut bergoyang mengikuti musik yang mengiringi Dempagumi.

“Dempagumi itu lucu. Sebenarnya gue nggak ngefans banget, sih. Tapi menurut gue, mereka menarik. Gue juga ngikutin info tentang Dempagumi udah lama,” ujar Fred [23], di f(X) Senayan, Jakarta, malam itu.

Hal yang sama juga diungkapkan Daniel [30], penggemar Dempagumi lainnya. Ia menyukai Dempagumi karena koreografi mereka, “bikin semangat yang menontonnya”.

“Gue dateng ke sini emang khusus buat nonton Dempagumi. Gue suka koreo mereka. Bikin semangat. Beda sama grup-grup musik lainnya,” ujar Daniel. «

SHARE