Your Basic Skin Care

0
157

Perhatikan beberapa hal mengenai penggunaan perawatan dasar kulit wajah Anda.

Kulit sehat dan putih, siapa yang tak tergoda [photo by: http://beautyhorizon.com.sg]
Kulit sehat dan putih, siapa yang tak tergoda [Courtesy of beautyhorizon.com.sg]
Teks @innesspw

DARI MATA TURUN KE HATI. Pepatah ini tepat mendeskripsikan bahwa pandangan pertama menentukan hasil setelahnya.

Wajah, selalu menjadi pusat perhatian. Sebagian besar orang menggambarkan perempuan yang cantik itu wajahnya putih bersih, dan bersinar.

Cari tahu seberapa tahu Anda mengenai perawatan wajah. Dr. Kevin A Maharis, B.Med.Sc dari Maharis Clinic Jakarta akan menjelaskan mengenai basic skin care.

1. Cleanser
Setidaknya ada dua jenis tipe pembersih wajah yang banyak tersedia di pasaran, yaitu gentle cleanser dan deep cleanser [foam].

Mudah saja untuk membedakan keduanya. Jika kulit terasa keset dan menjadi kering setelah mencuci muka, berarti Anda menggunakan deep cleanser. Sebaliknya, jika kulit terasa masih ada minyak, berarti Anda menggunakan gentle cleanser.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat memakai produk cleanser adalah scrub. Dr Kevin menyarankan agar tidak memakai scrub terlalu sering. “Sebaiknya dipakai sebulan sekali saja karena kulit kita bergenerasi setiap 28 hari. Pemakaian scrub terlalu sering justru membuat kulit terkupas,” jelasnya.

Dr. Kevin juga mengingatkan kaum pria agar tak menjadi korban iklan. Pria tetap diperbolehkan menggunakan produk-produk perawatan kulit wanita. “Siapa bilang pria harus menggunakan produk perawatan khusus pria. Yang Anda butuhkan adalah produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit,” ujarnya.

2. Toner
Dalam rangkaian basic skin care, toner hanya bersifat optional. Ya, toner dapat digunakan saat kulit terasa terlalu kering usai mencuci muka karena toner membantu membalance-kan pH kulit wajah.

3. Moisturizer
Moisturizer terbagi menjadi tiga jenis, yaitu serum, lotion dan cream. “Sebaiknya, untuk kulit kering hindari memakai mouisturizer berbentuk cream,” kata dr. Kevin menjelaskan.

Dalam memilih mouisturizer, perhatikan pula bahan-bahan yang terkandungan di dalamnya. Seperti antiblemish [salycylic acid, benzoyl peroxide dan tyrosinase inhibitor], antiaging [vitamin C atau E, AHA, Retinol] dan pigment control [arbutin dan hydroquinone].

Berikan produk sesuai kebutuhan kulit [Photo by: webmd.com]
Berikan produk sesuai kebutuhan kulit [Courtesy of webmd.com]
4. Sun Protection
Ada dua tipe sun protection yang hadir dalam produk sunblock. Pertama, SPF [sun protection filter] yang membantu menangkal efek buruk dari paparan sinar UVB. Sinar UVB inilah yang membuat warna kulit cepat menghitam. Anda tinggal memilih jenis SPF sesuai kebutuhan, seperti SPF 15, SPF 30 dan seterusnya.

Kedua, PA+, PA++ dan PA+++ untuk menangkal efek jahat paparan sinar UVA. Paparan sinar UVA terus-menerus menyebabkan penuaan dini.

5. Speciality treatment
Speciality treatment tentu lebih efektif digunakan dan cenderung lebih aman tanpa menyebabkan iritasi.

 

SHARE