Hogmanay, Pesta Tahun Baru Skotlandia

0
168

Tahun baru Hogmanay dijadikan sebagai perayaan utama musim dingin dalam tradisi budaya Skotlandia. 

Courtesy of Chris Watt
Courtesy of Chris Watt

[dropcap style=’square’]T[/dropcap]AHUN 1640, perayaan Natal pernah dilarang di Skotlandia. Di negara yang merupakan bagian dari Britania Raya itu, pesta tahun baru Hogmanay dianggap lebih penting ketimbang Natal.

Tahun baru Hogmanay pun dijadikan sebagai perayaan utama musim dingin dalam tradisi budaya Skotlandia. Ini berlangsung lama. Hingga pada tahun 1958, pemerintah Skotlandia memasukan Natal sebagai libur nasional.

Asal mula perayaan Hogmanay tidak begitu jelas. Namun kemungkinan ini berasal dari kombinasi tradisi bangsa Gaelik, Viking, Norse, Hogmanay, yang dilakukan di Edinburgh, Skotlandia. Sebenarnya apa sih keistimewaan pesta ini?

1. Hogmanay berlangsung dari 30 Desember 2013 – 1 Januari 2014.

2.  Pada 30 Desember, dimulai dengan prosesi obor pada pukul 7 malam. Lebih dari 7.500 pembawa obor dan 20.000 peserta akan berjalan berbaris dari jembatan George IV melewati pusat kota, diiringi bagpipes [alat musik tiup tradisional Skotlandia] dan drum,  dan ditutup dengan kembang api dan musik spektakuler.

3. Esoknya, pada malam tahun baru akan ada pesta jalanan yang terkenal di dunia dengan adanya tiga panggung hiburan. Termasuk Django Django, Chvrche,s, The Razillos, King Creosote, Treacherous Orchestra, dan Fiddlers’ Bid.

Jika Anda tertarik musik techno, Anda bisa pergi ke Rewinder untuk melihat penampilan DJ Swiss, VJ Buttercup & Pixel. Namun, jika Anda lebih suka menikmati penampilan musik tradisional Skotlandia di ruang terbuka, kunjungi The Keilidh di Mound Precinct di Princes Street yang akan berlangsung hingga larut malam.

4. Pada hari terakhir, 1 Januari, tinggikan lagi semangat Anda. Bergabunglah dengan Queensferry Loony Dook. Ia sebuah acara tahunan yang dimulai dengan parade dan berakhir di Sungai Forth, ketika ribuan orang terjun ke dalam sungai yang sangat dingin tersebut demi membantu pengumpulan dana untuk Royal National Lifeboat Institution yang telah menyelamatkan 140 ribu nyawa di laut sejak tahun 1824.

Gokil kan, tiga hari beruntun tanpa henti berpesta!«

Teks[email protected]
Foto Ist

SHARE