It’s My [New] Life

0
88

Setiap sekon, kita disuguhi perubahan. Mau tidak mau, suka tidak suka, perubahan itu bakal kita hadapi dan lewati. Sekuat-kuat kita mengingkari, perubahan tak dapat kita hindari. Ia hanya bisa diterima, dan tak bisa ditolak, kecuali…

..kita membuat perubahan sendiri. Herakleitos pernah bilang, “Panta rhei kai uden menei.” Artinya kurang lebih adalah, semuanya mengalir dan tidak ada sesuatupun yang tinggal tetap. Dan ungkapan yang biasa kita dengar adalah tak ada yang abadi, kecuali perubahan itu sendiri.

sunriseG-Readers, saat ini kita tengah berdiri di ujung 2013. Sebentar lagi tahun berganti. Sebagian besar manusia punya tradisi sendiri untuk memberi makna pada momen perubahan ini. Ada yang merayakannya dengan pesta suka ria, ada yang membuat aksi keprihatinan diri, dan tak jarang yang melewatkannya begitu saja, tanpa makna yang istimewa.

Di akhir bulan lalu, Ghiboo mengumpulkan resolusi dari seribu orang terpilih. Mereka berasal dari berbagai tingkat usia, berjenis-jenis profesi, dan punya bermacam latar kebudayaan. Kami bertanya, kebiasaan apa yang hendak mereka hentikan di tahun depan. Jawabannya cukup beragam. Sebagian besar memang punya harapan untuk menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk mereka selama ini.

Menarik, karena dari seribu orang ini –yang daftarnya masih akan terus berlanjut setiap hari sampai ujung tahun ini– kita bisa menarik kesimpulan, bahwa apapun alasannya, semua mereka menginginkan perubahan. Ke arah yang lebih baik, tentu saja.

Saya sempat penasaran, tentang hal yang dikemukakan Herakleitos itu. Bahwa tak ada yang abadi, melainkan perubahan. Mengapa dia bisa abadi? Mengapa sebagian orang acapkali takut untuk menghadapi perubahan? Mengapa sebagian lainnya berusaha mati-matian mempertahankan zona nyaman dan status quo? Dan mengapa usaha-usaha mereka senantiasa gagal?

Tapi untungnya, saya tak mesti berlama-lama disiksa kepenasaran itu. Saya segera menemukan jawaban, yang ternyata memang ada di depan mata. Di kalimat itu sendiri, tepatnya. Bahwa, ternyata, perubahan hanya bisa disikapi, juga dengan perubahan. Jika kita tak berubah, maka kita bakal segera tersingkir dari permainan ini. Perubahan, hanya bisa disikapi dengan perubahan. Dan itulah yang membuat mereka abadi.

Salam Ghiboo,

 

@hagihagoromo

SHARE