Tip Memilih Kamera Pocket

0
154
Courtesy of Slrlounge.com

Tertarik membeli kamera saku? Jika ya, perhatikan tip berikut..  

[dropcap style=’square’]M[/dropcap]ENGABADIKAN MOMEN saat liburan jangan sampai terlewatkan. Kamera pocket bisa menjadi pilihan tepat. Selain ringan, ukurannya juga relatif kecil dan memudahkan untuk dibawa ke mana-mana. Tapi terkadang kita bingung bagaimana memilih kamera pocket yang baik?

Courtesy of slrlounge.com
Courtesy of slrlounge.com

Pertanyaan ini Ghiboo tanyakan kepada narasumber mini workshop foto, Jhones Gozali, pada sela acara  pengenalan Sony Center Living World sebagai gerai Sony terbesar [luas area 121 meter persegi] se-Jabodetabek, di Serpong, Tangerang, Jum’at [06/12].

Jhones Gozali adalah fotografer yang mulai memotret tahun 1993. Sempat berhenti pada tahun 2000, kemudian ia mulai aktif lagi pada 2011. Kini ia penggemar NEX, sebuah kamera keluaran Sony. Seluk beluk mengenai produk ini sangat ia pahami. Ia juga pernah memenangkan beberapa lomba foto.

Berikut tip dari Jhones Gozali:

Courtesy of Sony.co.id
Courtesy of Sony.co.id

1. Ukuran lensa. “Lensa itu ‘kan kelihatan dari gelasnya kecil atau besar, semakin kecil gelasnya, umumnya hasilnya tidak sebaik lensa-lensa yang ukurannya lebih besar.”

2. Megapixel. Ini menandakan jumlah satuan titik yang membentuk gambar. Semakin besar megapixel semakin banyak titik yang membentuk gambar. Sehingga hasilnya lebih detail.

3. Ukuran sensor. “Semakin besar ukuran sensor semakin bagus. Dan itu berpengaruh pada hasil gambarnya nanti.”

Namun ada satu hal yang penting, “Man Behind The Gun”. Maksudnya, kamera yang mahal bukan jaminan hasilnya bagus. Semua tergantung dari skill fotografer. “Di sebuah lomba saya sempat ngalahin kamera yang 60 juta ke atas. Padahal kamera saya cuma sekitar 10 jutaan,” kata Jhones.

Bagi Jhones, memotret human interest adalah salah satu yang disukainya. Dan memotret diartikannya sebagai “merekam momen yang tidak akan terulang lagi. Beda sedetik pun, itu tak akan terulang lagi. Kita lihat bagus, jepret aja, nggak usah nunggu.”

Sudah siapkah menangkap momen wisata Anda?«

——————

Also read:
Thousand Resolution, Termasuk Selebritas

SHARE