Adu Cepat di Akhir Pekan

0
106
Ilustrasi lomba foto

Mengisi waktu senggang sambil mengasah keterampilan.

Ilustrasi lomba foto
ilustrasi lomba foto

Banyak alternatif kegiatan untuk menghabiskan waktu senggang di akhir pekan. Bagi sekitar 700 lebih penggemar fotografi, mereka memilih untuk mengikuti Rally Photo Mal Ciputra Jakarta, pada akhir pekan lalu. Saya termasuk di dalamnya.

Sejak pukul 7 pagi, pintu pendaftaran dan registrasi ulang dibuka. Antrian pun perlahan memanjang dan semakin menciut kala kompetisi siap dimulai pukul 8.30 pagi.

Saya datang pukul 7.30 dan kebagian nomor peserta 984. Buku petunjuk kompetisi, t-shirt, dan sedikit snack dibagikan panitia kepada para peserta. Tentu saja, sejumlah hadiah menarik bagi para pemenang kompetisi ini menjadi iming-iming kami di ujung acara nanti.

Koordinator acara mulai bicara dengan bantuan microphone wireless supaya terdengar lebih kencang. “Kalian akan melakukan photo hunting sesuai buku petunjuk di area Mal Citraland. Tapi kalau ada yang mau sampai Ancol, silakan saja,” canda Pak Jhony –begitu kami memanggilnya– membuat beberapa peserta termasuk saya, tertawa ringan.

Pukul 8.31, grup pertama mulai dilepas dengan nomor urut mulai dari 1 hingga 150. Saya masuk grup keempat.

Sebagai pemegang nomor genap, saya kebagian soal B. Hal pertama yang harus dilakukan adalah minta bantuan teman memfoto diri sendiri dengan latar belakang transparan. Tangan kiri memegang nomor peserta dan tangan kanan mengisyaratkan victory. Gancil!

BeFunky__DSC3450.jpg

Ternyata cuma dua soal yang gancil bagi saya. Soal ketiga membuat saya harus ‘tawaf’ satu kali dulu hingga menemukan jawabannya.  “Penghubung subjek dan predikat dalam bahasa Inggris yang berarti subjeknya jamak?” Saya tahu jawabannya are atau were. Tapi tak saya temukan tulisan itu. Dan ternyata baru saya sadari bahwa plang ‘area parkir’ memiliki kata ‘are’.

Soal selanjutnya juga membuat bingung. Beruntung kata teman saya [mengutip pepatah] “ada gula ada semut”. Melihat kerumunan para peserta lain, saya menuju ke sana dan yakin jawaban soal nomor empat adalah pipa penyalur air itu. Saya pun antre untuk menjepretnya.

Masih ada 18 soal lagi yang harus diselesaikan. Tanpa ada kesepakatan resmi, kami para peserta rela berbagi informasi. Sepertinya bangga bila sudah tahu jawabannya dan turut membagikan kepada peserta lainnya, meski ini sebenarnya kompetisi.

Dan akhirnya selesailah semua soal saya kerjakan. Namun terlihat masih ada beberapa peserta yang masih mencari-cari jawaban.

Ada yang lucu dari kompetisi ini, pemilik toko penunjuk waktu dalam Mal Ciputra, marah-marah kepada security mall melihat kami mengerubungi depan tokonya untuk memfoto model jam tangan pria. Jengkel protesnya tidak dihiraukan, ia pun mematikan lampu etalase depannya. Alhasil, target kami jadi gelap. Apes bagi yang belum mendapatkan foto itu.

BeFunky__DSC3513.jpg
Booth jam

Sialnya lagi setelah diteliti, jawaban yang benar bukan di toko jam tersebut tapi mengambil foto dari atas terhadap booth jam yang ada satu lantai di bawahnya.

Dari ratusan peserta tersebut, panitia menyediakan hadiah untuk 20 pemenang, berdasarkan ketepatan urutan mengerjakan soal, menginterprestasikan soal, ketepatan waktu start-finish, estetika, dan kualitas foto. Juara pertama digondol peserta bernomor 0054 bernama Hartanto Tan.

Saya tak berharap besar untuk menang. Dan memang dalam pengumuman yang diumumkan Selasa ini di laman Ciputramall.com tak ada nama saya di sana. Meski begitu, saya dan beberapa teman ingin mengikuti tipe lomba seperti ini lagi. Seru! [teks & foto[email protected]]

They Said:
Hendra Suwarta, marketing, “Asyik, benar-benar harus berpikir kreatif.”

Ping Ping [60], pensiunan, “Kompetisi yang beda. Meski gagal, tapi senang.”

Melisa [19], mahasiswa, “Keren banget. Soal yang sulit pertanyaan mengenai sesuatu ‘full of something to drink & to eat.'”

Anton [42], arsitek, “Karena pesertanya banyak, agak susah menang, hahaha. Bagi saya, yang sulit saat memfoto pipa.”

Agung [22], mahasiswa, “Bagus untuk melatih nalar dan foto bercerita. Tapi sebaiknya ada juga sharing session fotografinya dan hiburan.”«

SHARE