From a Diver to Fun Fearless

0
547

Dayu Prastini Hatmanti, wanita Cosmopolitan tahun ini.

fun fearless female 2013

Editor in Chief Cosmopolitan Indonesia, Fira Basuki, dan Fun Fearless Female 2012, Reti Ragil, muncul dari belakang panggung. Di tangan Reti, sebuah amplop berisi nama pemenang digenggamnya. Panggung tiba-tiba menjadi gelap. Hanya sebuah lampu sorot menyoroti keduanya yang sudah siap untuk mengumumkan pemenang Fun Fearless Female 2013.

And The Fun Fearless Female 2013 adalah…… peserta nomor lima, Dayu Prastini Hatmanti.”

Lampu panggung kembali terang. Dayu melangkah ke depan panggung untuk menerima hadiah dan dinobatkan sebagai pemenang. Ekspresi kaget bercampur senang terbaca di raut mukanya.

Ya, dialah Dayu. Dara berusia 26 tahun ini menjadi Fun Fearless Female 2013 [FFF2013] setelah menyisihkan 11 finalis lainnya. Di malam final [12/12] yang diselenggarakan di Upper Room Annex Building, Thamrin, pecinta wisata bahari ini tampil sangat tenang dan percaya diri.

Fun Fearless Female adalah sebuah ajang pencarian sosok wanita ‘bintang’ majalah Cosmopolitan. Kata Fun mengacu pada wanita yang likeable dan lovable. Sementara Fearless, wanita yang berani menerima tantangan, bertanggung jawab, mandiri dan berkarier mencapai puncak.

“Kami mencari sosok yang tidak hanya bagus di penampilan tetapi juga berprestasi. Mereka harus modern atau melek teknologi dan memiliki pemikiran global,” ujarFira Basuki sebelum acara grand final FFF2013.

Dayu, rambut hitam pendek membuat sosoknya paling mudah diingat di panggung FFF2013, malam itu. Dress berwarna biru rancangan desainer Hengki Kawilarang berhasil menyembunyikan identitasnya. Sebelumnya, tak banyak yang tahu siapa sosok perempuan berkulit cokelat ini, hingga MC Ary Kirana dan Iwet Ramadhan menanyakan kesibukannya saat sesi tanya jawab.

Dayu P. Hatmantini
Dayu P. Hatmantini

“Saya kini aktif mengkampanyekan Save Shark, sebuah gerakan untuk tidak mengonsumsi sirip hiu,” katanya menjawab pertanyaan Iwet.

“Banyak yang percaya, sirip hiu dapat meningkatkan kejantanan. Namun sebenarnya justru memicu kanker karena sirip hiu mengandung kadar timbal yang sangat tinggi. 

“Saya berkeliling banyak tempat demi untuk mengedukasi masyarakat, terutama mereka yang ditinggal di bagian Timur Indonesia.” Penonton pun bertepuk tangan usai mendengar jawaban Dayu.

Namun, tiba-tiba Ary Kirana menimpali, “Kamu tahu nggak hiu takutnya sama apa?” Dayu bingung. “Sama daun pisang! karena takut dipepes,” jawab Ari cepat, yang sukses membuat penonton tertawa dan mencairkan suasana.

From a diver to fun fearless. Kecintaannya dengan olahraga selam sudah mengantarkannya menjadi Miss Scuba International di tahun 2011. Antusiasme yang ditunjukkan oleh Dayu ini jugalah yang menjadi salah satu faktor kemenangan yang membuatnya membawa pulang predikat wanita Cosmopolitan dari franchise majalah wanita terbesar di dunia itu.

“Rasanya luar biasa senang banget, karena apa yang aku lakukan selama ini diapresiasi dengan baik. Semoga aku bisa terus melanjutkan cita-cita aku di lingkungan bahari. Ajang ini juga menjadi nilai plus bagi aku dalam aksi menyelamatkan lingkungan,” ujar Dayu saat ditemui Ghiboo usai acara.

Ajang tahunan ini juga mendapuk Firrina Sinatrya [25/model] sebagai The Most Attractive Smooth Legs, Intan Kamil [23/mahasiswi] sebagai The Most Favorite Female, Mega Kirana Fagi [25/staf perbankan] sebagai The Most Fearless Female dan Johanna Sharon Carolina [26/dokter umum] sebagai The Most Fun Female 2013. [teks @innesspw dan foto @boyMALI]

SHARE