Trio Lestari Persiapkan Konser Musiknya

0
183

Konser digelar Kamis ini di Istora Senayan.

Ghiboo - Trio Lestari Rehearsal 1
lah, ini mana lirik lagunya?

Senin, 16 Desember 2013. Dua hari menjelang konser musikal Trio Lestari Show. Pada sebuah studio kecil berwarna krem di kawasan Gandaria, seorang penyanyi melangkah masuk ke dalam. Dia Glenn Fredly.

Kami masuk mengikutinya. Tempat itu dikenal dengan nama Abbe Studio. Meski dari luar tampak sepi, nyatanya di dalam sangat ramai. Para kru berlalu lalang sibuk menyiapkan latihan untuk Trio Lestari.

Petang itu, hanya Glenn yang baru terlihat. Ia asyik duduk di sofa sambil mengutak-atik handphone miliknya. Di ruang belakang, tempat studio itu berada, samar-samar terdengar riuh rendah suara Tompi yang sedang latihan. Menyiapkan lagu yang akan dibawakannya. Hanya Sandhy yang belum tampak wujudnya. Barangkali, macet menundanya sampai ke Gandaria.

Selang beberapa lama, Sandhy masuk dari luar pintu. Ia mengenakan kaus berwarna biru langit. Jins kelabu dan sepasang sepatu putih jadi penghiasnya petang itu. Dari wajahnya, Sandy terlihat sumringah. Ia segera menghampiri Glenn.

Mereka lalu bersalaman. Dari kejauhan, suara dari dalam studio tak lagi terdengar. Rupanya sesi latihan bagi Tompi telah selesai. Dokter bedah plastik itu langsung nimbrung bersama kedua sahabatnya. Bercanda, tertawa, juga saling mengolok-olok satu sama lain.

Ghiboo - Trio Lestari Rehearsal 2
siapa yang masih lajaaaaang?
Ghiboo - Trio Lestari Rehearsal 3
sekali lagi kami tanya: siapa yang masih lajaaaaang? diaaaaa!

Waktu menunjukkan pukul 20.00. Kami diajak masuk ke dalam studio latihan yang berada di belakang, melewati sebuah koridor gelap, dan sampai di ruang yang cukup berantakan. Studio tempat Trio Lestari latihan ada di pintu sebelah kiri.

Di balik pintu hitam itu, Glenn, Sandhy, dan Tompi sedang duduk di belakang sebuah keyboard warna putih. Seperti ketika di lobby tunggu, di dalam studio pun ketiganya masih asyik bercanda.

“Sebenarnya nggak ada resep khusus kami jadi sangat akrab begini,” ujar Tompi sambil memainkan tuts, membuat lelucon dengan nada yang dimainkannya. “Kami tuh nggak deket. Buktinya gue semalem dorong motor mogok, mereka berdua nggak ada yang bantuin.”

“Hahahaha. Salah siapa matiin handphone,” tukas Glenn. “Ya, paling kalau lo minta tolong, bakal gue jawab ‘IDL ya bre, itu derita lo‘,” ejeknya sambil tertawa geli.

Ghiboo - Trio Lestari Rehearsal 4
duh, kapan ya mereka kelar latihan?

Di ruang yang disesaki alat musik itu suasana latihan kian hangat. Tidak ada kesan serius, meski konser mereka sudah di depan mata. Ada obrolan, canda tawa, juga tarian di dalam studio. Tompi yang melenggok meniru penari Bali, Glenn yang sesekali membalik badan ketika bernyanyi, dan Sandhy yang terus tertawa melihat kelakuan kedua temannya itu.

“Sejauh ini persiapannya menyenangkan. Kami menggarapnya dengan serius, tapi nggak terlalu terbebani,” kata Glenn. Tompi pun ikut menambahkan, “Buat kami latihan ini kerja, justru bersenang-senangnya nanti pas hari-H, hehehe.”

Seperti biasa, kedua orang ini memang sangat bersemangat ketika harus menjawab pertanyaan dari media. Terkadang justru jawaban yang ajaib sering muncul dari mereka. Sedangkan, Sandhy hanya tertawa mendengar celoteh Glenn dan Tompi.

Untuk sebuah konser besar tentu saja perlu banyak persiapan. Baik dari konsep acara, tata panggung, musik, hingga wardrobe saat beraksi. Mereka pun mengakui itu. Beruntung, menurut mereka, ada orang-orang seperti Agus Noor, Danang, Darto, dan semua orang yang mau membantu selama proses produksi.

Ghiboo - Trio Lestari Rehearsal 5
Glenn: jadi elo nanti nyanyi 29 lagu ya Tom..
Tompi: oke, nanti yang lagu terakhir, elo nyanyinya berdua Shandy tapi ya..

“Di antara kami bertiga, yang paling riweuh persiapannya itu si Glenn. Gue ada yang nyiapin segala macamnya, Sandhy juga ada. Nah, Glenn siapa?” sindir Tompi kepada Glenn yang berstatus single.

“Oke, gue cabut,” jawab Glenn sambil berdiri.

“Yah, jangan dong, di sini aja. Lo jangan ngambek, hehehe,” bujuk Tompi kemudian. Dan mereka bertiga kembali tertawa.

Menurut Glenn, konser besok adalah sebuah obrolan warung kopi yang dibalut dengan cara elegan. Jika Warkop menyentil lewat komedi, mereka bertiga juga akan melakukan hal yang serupa dengan cara konser musikal layaknya penyanyi.

“Konser besok itu tema besarnya untuk menyambut tahun penuh cinta, 2014 dan juga sekaligus kaleidoskop kejadian 2013,” tambah Tompi.

Ghiboo - Trio Lestari Rehearsal 6
Glenn: semoga Kamis ini, yang datang ke Konser Musikal Trio Lestari Show bakal membludak. dan uhm, mendatangkan jodoh buat saya. saya aja. mereka nggak usah ya.

Jika kembali melihat sepanjang 2013, ada sekian kasus yang bisa diangkat menjadi sebuah teatrikal. Kasus korupsi yang melanda pejabat DPR/MPR, meletusnya Gunung Sinabung, penampilan apik U-19 timnas sepakbola, hingga hitsmaker yang berkoar ingin jadi presiden. Semua bisa diangkat, tapi Trio Lestari tidak ingin membocorkannya sama sekali. G-Readers diminta datang dan menyaksikkannya sendiri.

“Besok kira-kira ada 30 lagu yang akan kami bawakan. Gue bawa 29 lagu. Nah, Sandhy sama Glenn [membawakan] satu lagu bagi dua,” ucap Tompi sambil memainkan keyboard.

“Dan tidak semuanya genre jazz yang kami bawakan. Mostly justru pop,” ujar Sandhy yang mulai angkat bicara.

Menjelang konser, Tompi mengaku menjalani puasa. Ia berharap konser ini bisa berjalan mulus. Ia pun masih kesulitan untuk menghapalkan lagu-lagu yang harus dibawakan. Pecinta mobil sport ini berharap konser besok dapat memberi angin segar, agar kejadian buruk di 2013 tidak lagi terjadi di 2014.

Usai asyik mengobrol dengan ketiganya, kami harus melangkah pergi. Memberi mereka ruang dan waktu, untuk kembali latihan untuk konser musikal Trio Lestari, Kamis 19 Desember 2013, di Istora Senayan ini. Dari balik ruang studio, samar-samar terdengar medley “Bento” milik Iwan Fals disambung lagu Titiek Puspa “Marilah ke Mari”.

Kami kembali menyusuri lorong gelap itu, menuju ruang tunggu. Sebelum keluar, di pintu lobi, kami sempat berpapasan dengan Igor ‘Saykoji’. Ia melangkah menuju studio di belakang. Entah, sepertinya ingin ikut berlatih. Atau jangan-jangan dia ikut ambil bagian. Hmm, kira-kira akan seperti apa konser besok, ya? « [teks dan foto @HaabibOnta]

SHARE