Abarth Mobil Kota dari Italia

0
298

Abarth kini sampai juga di Indonesia.

Abarth 1Apa yang Anda ingat tentang Italia? Fashion tentu saja, makanan juga jelas. Bahkan kuliner asal negara ini sudah amat mendunia. Namun satu lagi yang tak kalah tenar adalah produk otomotifnya.

Italia memang dikenal sebagai ‘kandang’ dari ‘kuda jingkrak’ Ferrari dan ‘banteng seruduk’ Lamborghini yang bisa menjadi daftar koleksi para milyader dan hanya menjadi mimpi bagi banyak orang di muka bumi ini.

Namun ternyata negara asal kuliner Pasta dan Fettucini ini mempunyai satu jagoan kecil di bidang otomotif roda empat yakni Abarth, sebuah mobil yang ‘lagi-lagi’ menggunakan hewan [kalajengking] sebagai icon product-nya.

Nama Abarth digunakan sesuai dengan nama penemunya yakni Karl Abarth, seorang berkebangsaan Austria yang lalu berkebangsaan Italia dan berganti nama menjadi Carlo Abarth, 50 tahun silam. Sempat berada di bawah asuhan Fiat Automobiles, Abarth akhirnya memutuskan untuk menjadi sebuah brand sendiri pada tahun 2007.

Kalajengking hitam Italia ini tak kalah gahar dengan dua teman bermainnya. Pembuktiannya hadir pada beberapa seri, yakni Model 595 Turismo, 595 Turismo C, dan 595 Competizione serta model Abbarth 500.

A4Jangan pernah tertipu dengan tampilan badan mobil yang ‘imut-imut’. Karena di balik kap mesinnya, tersembunyi dapur pacu yang sanggup membuat jantung Anda berdegup kencang saat berada di belakang lingkar kemudi.

Perpaduan Manual Transmission Automatic [MTA] Abarth semi otomatis gearbox dengan Mesin turbo 1.4 T-Jet engine bertenaga 160 daya kuda dirasa cocok untuk 3 model 595. Sedang untuk model 500, mesin dan transmisi yang digunakan serupa namun hanya menghasilkan tenaga 140 daya kuda karena memang dirancang untuk ‘new segmen‘.

Selama tahun 1950-an, Abarth meningkatkan serangkaian ketahanan mesin dan memecahkan rekor kecepatan. Yang mengukuhkan Si Kalajengking ini menjadi legenda adalah penyelarasan mesin tipe asli 500 di tahun 1958 yang membuatnya memenangkan 10.000 kemenangan di sirkuit 10 rekor dunia. Sadis!

Jika penasaran ingin membuktikan kehebatan kalajengking Italia ini saat menyusuri aspal, tak perlu jauh-jauh. Karena Abarth sudah ada di Indonesia, tepatnya di Jakarta. Coba luangkan waktu untuk menyambangi PT. Genta Surya Otomotif di Jl. RS Fatmawati no. 188, Gandaria Selatan, Jakarta Selatan atau kontak 021 75918488 untuk janji melihat lebih dekat. « [teks[email protected] – foto dok. Ghiboo]

SHARE