Flight Facilities: “Rave Party Tergila di Colombia”

0
720

Flight Facilities bercerita tentang rencana album, rave party tergila, dan strategi mereka tampil lebih outstanding di DWP 2013.

Ghiboo - Flight Facilities
saya Hugo, dia Jimmy.
ah, bukan, saya Jimmy dan kamu Hugo.

[dropcap style=’circle’]F[/dropcap]light Facilities adalah duo elektrik DJ asal Australia, Hugo Stuart Gruzman dan James “Jimmy” Nathan Lyell. Awalnya kedua sahabat ini hanya me-remix lagu-lagu yang sudah popular. Hingga akhirnya, Hugo dan Jimmy berani stand out menampilkan karya mereka sendiri.

“Crave You” jadi karya pertama mereka memijak industri musik. Siapa sangka, singel ini langsung melejit ke urutan 19 di Triple J Hottest 100 [2010].

“Crave You” pun mendarat di telinga rapper asal US, The Kid Bilal. Ia segera mengajak Hugo dan Jimmy untuk berkolaborasi menciptakan musik. Proses peleburan ide ketiganya berbuah singel “She Crave Me”. Sejak itu, duo Hugo dan Jimmy mulai membombardir rave party di Asia. Selama tiga tahun karir keduanya, sudah enam singel berhasil dirilis. Selain “Crave You”, mereka juga melepas “Foreign Language”, “With You”, “Clair De Lune”, “I Didn’t Believe”, dan “Stand Still” ke pasaran.

Djakarta Warehouse Project [DWP] 2013 adalah panggung kedua, duo DJ ini meramaikan crowd clubbers Jakarta. Sebelumnya, di tahun 2011, mereka pernah sekali tampil, meski belum banyak yang kenal dengan mereka. Pada kesempatan itu, mereka mengerjai seorang jurnalis yang mewawancarainya dengan mengaku berasal dari Trinidad Tobago. Bukan itu saja, mereka juga mengaku sebagai Calvin dan Harris.

Flight facilities 1Friday the 13th Desember lalu, sesaat sebelum tampil menggoyang lantai dansa DWP 2013, mereka menyempatkan ngobrol-ngobrol sedikit dengan Ghiboo. Saat itu, Hugo tampil dengan jeans dan t-shirt putih bergambar vinyl sementara Jimmy –yang membiarkan wajahnya ditumbuhi bulu-bulu halus– berbalut t-shirt abu-abu dan jeans. Simak petikan chit chat mereka dengan Kontributor Nesya Wahyuningtyas berikut ini.

kalian sudah merilis enam singel. ada rencana bikin album utuh?
Ya. Dalam waktu dekat. Kami sedang mematangkan konsep. We are walking on a concept with a same source to released more music on the same time.

terakhir mampir ke jakarta, kalian menggunakan nama Hugo & Jimmy. apa yang bikin kalian ganti nama jadi FF?
Ah nggak kok. Kami memang pernah pakai nama itu cuma sebagai perkenalan. Tapi kami tetap pakai Flight Facilities dari awal.

di mana rave party tergila yang pernah kalian datangi?
Waktu di Colombia. Kami harus melewati orang-orang yang memegang senjata untuk bisa menuju ke sana.

apakah kalian terintimidasi atau tersaingi dengan set list DJ-DJ lain di DWP 2013 ini?
No, no. We’re not the same. Kami menghargai satu sama lain. Karena itu juga bisa menghasilkan banyak musik. Selain itu, Electronic Dance Music [EDM] adalah satu hal yang sama dan sama-sama disukai banyak pecinta musik-musik EDM walaupun dibawakan secara berbeda. Kami nggak merasa terintimidasi, kok.

apakah kalian punya strategi agar penampilan kalian lebih outstanding dibanding DJ lain?
Jimmy Hmmm, mungkin dia [menunjuk ke Hugo] mau tampil naked, hahaha.
Hugo Hahaha. Padahal dia yang pernah tampil naked, tuh

FF
aksi Jimmy di salah satu rave party mereka [courtesy of FlightFac Instagram]
siapa yang ingin kalian tonton penampilannya malam ini?
Breakbot. Kami suka penampilan dia.

okay, thanks guys. semoga penampilan kalian malam ini bakal seru..
Thanks juga, Nesya. Hope you’ll enjoy the party tonight. «

[teks @HaabibOnta dan @nesyaw – foto @boyMALI dan courtesy of FlightFac Instagram]
* special thanks to Mellysa Niode and Ismaya Live

SHARE