Ringgo: Gue Cinta Air Aja Deh

0
626

Ringgo Agus Rahman mengenal diving tahun 2009.

Nih Indian Saba Kota
Nih Indian Saba Kota

Semua berawal dari tahun 2009, saat Ringgo Agus Rahman dikenalkan pada olahraga diving. Ia memulainya di Kepulauan Seribu, dan selama empat tahun berjalan, Ringgo terus menjelajah. Menyelami laut-laut Indonesia yang menyimpan sejuta keindahan.

Ringgo –begitu ia disapa– mengaku dirinya adalah pemalas yang tak memiliki hobi.

“Tadinya cuma main motor aja. Baru pas mulai diving, langsung kecanduan gitu,” ungkap pria penyuka anjing jenis Siberian Husky ini.

Kecintaannya pada laut dan diving terlihat jelas dari ransel yang ia bawa ketika mampir ke kantor Ghiboo. Sebuah tas besar berwarna hitam yang kedap air berbentuk seperti sandsack. “Pakai tas ini enak. Gue jadi nggak perlu takut isi di dalamnya kebasahan,” ucapnya sambil meringis.

Menurutnya, laut Indonesia begitu kaya dan indah. Sayang, jika harus dikotori atau rusak seperti hutan-hutan di Indonesia. “Kalau orang-orang bilang ‘Cinta Tanah Air’, gue ‘Cinta Air’ aja deh,” sindirnya.

Ringgo mengaku awalnya ia butuh banyak penyesuaian ketika mulai menekuni olahraga diving. Maklum, pria 30 tahun ini besar di daerah Bandung yang dingin. Maka ketika harus berpanas-panasan di bibir pantai atau tengah laut, ia perlu penyesuaian. Tetapi, meski berpanas-panasan bukan berarti ia takut terlihat hitam. Justru sebaliknya, ia malah cuek dengan warna kulit.

Selama 4 tahun itu, mulai dari Pulau Weh di ujung Aceh, hingga ke beningnya lautan di Pulau Komodo sudah pernah ia jelajahi. Tapi, ada satu hal yang diakuinya cukup menyulitkan ketika diving di pulau-pulau itu. “Gue nggak makan ikan. Takut!,” akunya dengan muka jenaka khasnya.

Nggak tau kenapa. Cuma dulu gue pernah keselek pas lagi makan ikan. Jadi sekarang gue nggak mau kalau harus makan itu. Ngeri keselek lagi,” ujarnya. “Mending makan mie instan aja lah.”

Ringgo juga menaruh keprihatinan terhadap pembantaian ikan hiu yang dilakukan banyak orang belakangan ini. Menurutnya, yang enak dari makanan berbahan hiu itu bumbunya. Karena pada dasarnya, daging hiu tidak memiliki rasa khas apapun. Faktanya, menurut Ringgo, di daging ikan hiu mengandung merkuri yang dapat memicu kanker.

 

Bagaimana pose gue? Imut kan!
Bagaimana pose gue? Imut kan!

Berkat hobi barunya ini, Ringgo menjadi lebih paham tentang seluk beluk lautan, tentang keindahan, juga kengeriannya. Suatu kali ia pernah menyelam ke kedalaman yang belum seharusnya. Ini mengakibatkan tekanan air ke paru-parunya meninggi. Karena itu ia harus naik kembali secara perlahan. Namun, bahayanya justru saat itu. Apabila salah ambil langkah, dan terburu-buru naik, paru-parunya bisa mengembung dan meledak.

Lain lagi ketika ia sedang diving bersama kekasihnya, Sabai Morscheck. Baru saja menyelam, ia langsung naik karena kebelet pup. Padahal sedang di tengah laut. Lalu di mana ia membuangnya? Bayangkan saja sendiri.

Setelah ngobrol panjang lebar, tampaknya tak lengkap jika aktor jenaka ini tak diberondong dengan Diz or Dat ala Ghiboo. Well, here it goes:

slapstick or stand up comedy?
Stand Up Comedy! Karena kaya ada interaksi antara gue sama penonton. Lagian kalau Slapstick kaya norak gitu sekarang ini di teve.

jadi presiden or ibu negara?
Ibu Presiden dong. Lihat aja dari jaman Ibu Fatmawati dulu waktu sama Bung Karno, terus Ibu Tien sama Pak Harto, sekarang Ibu Ani sama Pak SBY, para ibu itu lebih berkuasa sepertinya, hehehe.

diving or riding?
Diving, men! Kalau riding kan udah biasa. Itu jadi aktivitas harian, ke mana-mana bawa motor. Tapi kalau diving, cuma pas liburan.

siberian husky or siberian girl?
Itu gampang, Siberian Husky [sambil meringis].

andai bisa reinkarnasi, pilih jadi hiu atau clown fish?
[mikir-mikir, lama banget. sepertinya pertanyaan ini sulit] Hmm… clown fish kayak Nemo deh. Hiu emang kelihatan keren banget kalau lagi diving ketemu mereka. Tapi clown fish itu spesial. Ikan itu benar-benar melindungi anaknya dari predator. Mirip kayak cerita di filmnya.

main film or diving?
Diving, karena kalau mau nyelam gue tinggal nyelam. Kalau main film, gue harus nunggu tawaran. Hahaha [jawabnya penuh tawa]

nadia hutagalung or sabai morscheck?
Nadia Hutagalung! hahaha [sambil menyeringai]. « [teks @HaabibOnta – foto dok pribadi – kover Kapanlagi.com]

 

Also read:
Joko Anwar buat film bokef?
Poppy Sovia: “saya cewek yang nggak laki-laki banget”
Gambar paling nge-hits di 2013

SHARE