Serba-Serbi ‘Camilan’ Android

0
271

Mengapa OS Android selalu diberinama seperti camilan?

Google Android KitKat 1Belum lama ini, Android meluncurkan OS terbaru mereka, KitKat. Sistem operasi ini dikatakan sebagai generasi baru dari yang pernah diluncurkan sebelumya. Bisa dibilang, KitKat sudah lebih simpel bagi semua pengembang yang ingin membuat aplikasi lunak pada piranti ini.

Sejak diambil alih Google pada tahun 2005, Android mulai menjamah seluruh smartphone dan tablet – menyaingi dominasi Apple Machintosh, RIM, dan Symbian. Namun, dari sembilan generasi yang sudah dilahirkan, kesemuanya menggunakan nama makanan ringan untuk tiap jenis sistem operasinya.

Sebut saja Cupcake, lalu Eclair, Froyo [Frozen Yogurt], Gingerbread, Honeycomb, ICS [Ice Cream Sandwich], Jelly Bean, dan terakhir KitKat. Perhatikan dengan cermat, nama-nama yang diberikan untuk tiap versi OS mereka. Semua jenis OS selalu bernama makanan dan mengikuti urutan Alfabet. Menarik bukan?

Dalam berbagai kesempatan, Google tetap tak ingin memberitahu alasan mereka memilih dessert sebagai nama platform mereka. “Ini seperti rahasia bagi tim,” kata Randall Sarafa, juru bicara Google. “Bagaimana saya harus mengatakannya ya? Kami memang sedikit ajaib dalam hal ini.”

Yang paling menarik ialah rilisan OS terbaru mereka yaitu KitKat. Karena ini diambil dari sebuah produk snack dari Inggris. Alasan nama KitKat dipilih, hanya karena para teknisi yang mengerjakan OS –hingga larut malam– selalu mengudap camilan ini ketika sedang jenuh. Ya, meski ada sebagian kritik mengatakan pemilihan nama itu adalah strategi penjualan KitKat. Karena sebelumnya, desas-desus yang beredar di telinga pengguna Android, “Key Lime Pie” adalah nama yang akan diusung.

Hal yang menarik tentang penamaan jenis Android ialah tidak digunakannya huruf A dan B. Randall Safara menjelaskan sebenarnya huruf A dan B pernah digunakan sebagai nama untuk generasi pertama OS Android. Hanya saja, tidak jadi dilempar ke publik karena ada kekurangan di sisi program.

Huruf A digunakan untuk Android 1.0 “Astro Boy”. Sementara, huruf B ialah Android 1.1 “Bender”. Sedangkan, menurut tiga teknisi Android, Jean-Baptiste Queru, Dianne Hackborn, dan Romain Guy, mengatakan kalau kode nama untuk Android 1.1 adalah Petit Four dan Android 1.0 tidak memiliki kode nama sama sekali. Hmm, ada yang aneh ya.

Sudah jadi hal yang umum, ketika sebuah perusahaan merahasiakan urusan dapurnya kepada publik. Ini pun dilakukan Google untuk menutupi kebijakan dalam perusahaannya. Berikut ini adalah silsilah keluarga Android:

cupcake1. Android 1.5 – Cupcake
Ini adalah generasi pertama yang berhasil diluncurkan Google ke publik. Cupcake merupakan hasil penyempurnaan Android 1.0 yang tak pernah dirilis secara resmi. Android ini dilengkapi fitur Google Mail Service dan Voice Search. Kue mangkok berukuran kecil ini jadi tonggak awal, Android menyerbu dunia.

Donuts2. Android 1.6 – Donut
Donut, kakak Cupcake dirilis Mei 2009, mendapat fitur tambahan seperti merekam dan menonton video melalui kamera, mengunggah video ke YouTube, upload gambar dan fitur dukungan Bluetooth A2DP. Sejak versi ini, Android sudah mulai dikenal di publik.

Eclair3. Android 2.1 – Eclair
Kue berbentuk persegi panjang dengan topping cokelat di atasnya ini dirilis Desember 2009. OS ini telah mengoptimalkan segi perangkat keras, Google Maps 3.1.2, serta dukungan HTML5. Android Eclair adalah OS pertama yang mulai dipakai banyak smartphone, berkat mengubah struktur dan tampilan user interface.

Froyo4. Android 2.2 – Froyo
Frozen Yoghurt, cemilan fermentasi susu dingin ini dirilis pada 20 Mei 2012. Respon aplikasi Froyo jauh lebih cepat 2 sampai 5 kali dari versi-versi sebelumnya. Ada juga fitur-fitur baru seperti dukungan Adobe Flash 10.1, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome, serta pemasangan aplikasi dalam SD Card.

Gingerbread5. Android 2.3 – Gingerbeard
Kue jahe, yang bisa menghangatkan badan, dirilis bertepatan dengan datangnya musim dingin, 6 Desember 2010. Yang mencolok dari OS ini adanya peningkatan kemampuan permainan, peningkatan fungsi copy paste, dan format video VP8 dan WebM. User interface pun dikenai perombakan ulang, serta penambahan efek audio baru seperti reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost.

Honeycomb6. Android 3.0 – Honeycomb
Honeycomb, sereal jagung dengan rasa madu ini dirilis awal 2012. OS Android yang dibentuk khusus untuk perangkat Tablet PC. Prosessor multicore dan grafis dengan hardware acceleration jauh lebih baik untuk mendukung kinerja Tablet PC.

Icecream Sandwich7. Android 4.0 – Ice Cream Sandwich
Ice cream vanilla di antara dua biskuit cokelat, adalah generasi yang jauh berbeda ketimbang versi sebelumnya. Ketika dirilis Mei 2011, Google meyakini, OS ini dapat diaplikasikan di smartphone ataupun tablet. 

Jelly Bean 28. Android 4.1 – Jelly Bean
Jelly kacang berbentuk permen ini dirilis pada Mei 2011 juga. Namun tentu jauh lebih baik ketimbang ICS, karena keyboard lebih cekatan, desain baru fitur pencarian, serta dilengkapi Google Now yang dapat memberikan informasi akurat tentang cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga.

kit kat9. Android 4.4 – KitKat
KitKat adalah OS Android terbaru yang dirilis September 2013. Cukup mengatakan “OK Google” atau “OK Google Now”, pengguna bisa mengoperasikan ponsel lewat suara tanpa menyentuhnya. Lewat fitur ini pengguna dengan mudah melakukan panggilan telepon, mengoperasikan aplikasi Google, dan lain-lain. « [teks @HaabibOnta – foto courtesy of Google]

 

Also read:
Kenali swimsuit untuk tubuh Anda
Sosok pembuat trending topic
Rahasia pribadi Sarah Sechan

SHARE