Surga Bagi Penyelam

0
249

Berapa jumlah pulau di seluruh kawasan Indonesia?

 

2
Menparekraf Mari Elka Pangestu

Jawabnya 13.466! Apa? Hitung sendiri? No way..

Riset Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi [Timnas PNR] pada 2007-2010 yang telah diinventarisasi dan dibakukan nama serta koordinat petanya oleh Badan Informasi Geospasial [BIG] memastikan jumlah itu.

Karena banyak dan luasnya inilah, Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar di dunia. Sekaligus jadi negara maritim terbesar di dunia dengan luas 93 ribu km persegi.

Oleh sebab itu, potensi wisata maritim Indonesia paling banyak dan beragam di bumi ini. Tekad Indonesia menjadi “Diver’s Heaven One Nation 2020” yang dicanangkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif [Kemenparekraf] jadi suatu hal yang sangat mungkin terjadi.

Salah satu langkahnya adalah dengan menggelar Indonesia World Underwater Photo Contest [IWUPC] yang dilangsungkan pada Januari hingga November 2013. Tercatat 403 peserta [283 warga negara asing] dengan jumlah foto 2.625 yang mengikuti 8 kategori yang dilombakan.

Pemenang event ini telah diumumkan pada Kamis lalu [09/01]. Untuk kategori utama yakni, Best of Show dalam tipe macro dimenangkan oleh Nelson Ng [Singapura] dan tipe wide dimenangkan oleh Carlos Villoch [Spanyol].

Event ini dapat dikatakan sebagai bukti bahwa Indonesia penuh dengan spot-spot diving yang begitu menarik. Hal ini juga ditegaskan para juri asing kompetisi ini yang berjumlah tujuh orang.

Dr Alexander Mustard [Underwater Photographer dan Marine Biologist dari UK] sebagai bagian dari tim juri mengatakan, “Saya pikir IWUPC adalah sebuah sukses besar. Semua pemenang hadiah dan foto para finalis benar-benar mengesankan, seperti sebuah koleksi iklan untuk mengunjungi dan menyelam di Indonesia. Juga sebagai pengingat bagi masyarakat dunia, pentingnya perairan Indonesia untuk keanekaragaman hayati laut secara global.”

“Kita punya tujuan sustainable and responsible diver. Misi IWUPC adalah seperti itu, kita salah satu negara di dunia yang menekankan pada lingkungan. Bila ada sentuhan dari diri peserta terhadap sesuatu yang difotonya, maka foto kontes itu akan didiskualifikasikan,” tutur Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif [Menparekraf], Mari Elka Pangestu.

6
Mari Elka Pangestu diapit dua pemenang dari Indonesia: Anne K Adijuwono [kiri] dan Sofi Sugiharto [kanan]
Saat ini dalam data yang dimiliki Kemenparekraf tercatat 178 dive operator yang telah memenuhi standarisasi Kemenparekraf. Dan ke depannya, akan terus ditingkatkan lagi dengan standarisasi yang lebih diperketat.

Indonesia sebagai surga bagi penyelam? Yak, tentu saja Ghiboo setuju!

Oya, sebanyak 27 foto ditetapkan sebagai pemenang. Sembilan di antaranya adalah peserta dari Indonesia. Bila ingin tahu seperti apa foto-fotonya, kunjungi saja pameran foto IWUPC di Moulin Rouge Hall, Grand Indonesia, Jakarta, dari 9-12 Januari 2014.

Berikut cuplikan foto para finalis lainnya di pameran IWUPC, silakan dilihat di halaman selanjutnya.« [teks @bartno – foto @gregbimz]

1
2
SHARE