Wisata ke Dunia Hobbit

0
1030

Bangsa Hobbit tinggal di perbukitan yang indah.

The Hobbiton 1
Rumah tinggal bangsa Hobbit di Selandia Baru

Satu mimpi menjadi nyata. Senang rasanya mengetahui keindahan alam di film The Lord of the Rings dan The Hobbit dijadikan objek wisata pemerintah Selandia Baru. Yang dimaksud adalah tempat tinggal bangsa Hobbit, The Hobbiton.

Hobbit adalah salah satu jenis bangsa makhluk fiktif dalam karya fantasi novelis Inggris, John Ronald Reuel Tolkien. Mereka digambarkan bertubuh pendek. Tingginya separuh manusia biasa.

Bangsa Hobbit tinggal di perbukitan dengan membuat rumah di dalam pohon, dengan lorong indah yang indah dan tertata rapi. Rumah Hobbit dibangun Ketika sutradara Peter Jackson hendak menggarap The Lord of the Rings. Selandia Baru dipilih karena keindahan alam dan pas menggambarkan pemukiman hobbit.

The Hobbiton akhirnya dibangun di Matamata, Waikata, Selandia Baru sebelah utara. Mulanya Peter tidak rela bekas lokasi syuting tersebut didatangi masyarakat umum, sehingga lokasi ini sebagian dihancurkan.

Desa Hobbiton 2
Tempat tinggal bangsa Hobbit disebut Hobbit Holes

Namun setelah berunding dengan pihak pariwisata Selandia Baru, Peter setuju The Hobiton dibuka untuk umum. Dan ternyata itu mendapat respon positif dari wisatawan.

Menurut data Tourism New Zealand di Indonesia, kedatangan wisatawan periode Januari – September 2013 meningkat 10,5 persen dibandingkan tahun lalu.

Hobbiton dikelilingi bukit-bukit hijau, lahan pertaniannya tertata cantik. Anda bisa melihat Hobbit Holes dibingkai dengan bunga-bunga liar.

Sekarang ini ada 44 Hobbit Holes unik di Hobbiton, termasuk Bag End [rumah Bilbo]. Pada siang hari Anda dapat menikmati efek-efek baru. Berbagai cerobong asap di Hobbit Holes akan mengepulkan asap ke langit.

Suara samar seruling dan biola melayang di udara dan tirai bergerak di jendela-jendela menangkap perhatian pengunjung yang penasaran.

Tiket masuk ke Hobbiton Movie Set dikenai 75 dolar – 110 dolar US, tergantung paket tur yang dinginkan. Ada yang mulai dari 2 jam hingga 4,5 jam.« [teks @bartno | foto dok New Zealand Tourism]

Desa Hobbiton 3
The Hobbiton sudah bisa dikunjungi masyarakat umum.
SHARE