Sekarang Generasi PS4

0
714

Playstation 4 resmi diluncurkan di Indonesia.

PS 4_insideMereka yang besar di era 90′-an, tentu menggilai konsol game keluaran Sony, Playstation. Mulai dari anak kecil, dewasa, dan orang tua semua menyukainya. Lumayan, untuk hiburan saat penat menjalar. Bahkan, jasa penyewaan PS [singkatan Playstation] sempat menjamur.

Jika ditarik garis lurus, awalnya Nintendo yang merajai dengan game Mario Bross, lalu Sega yang punya Contra. Kemudian, jelang Milenium baru, Playstation muncul, menggeser dominasi keduanya.

Pertama kali diluncurkan, PS berbentuk kotak berwarna abu-abu. Ini masih era Cpu 32 bit. Untuk grafis visual, ya harap maklum. PS adalah generasi pertama dari silsilah keluarga Playstation. Tapi itu tidak jadi soal, karena pada waktu itu, Winning Eleven amat menyenangkan ketika dimainkan. Sepanjang 1995-2004, Sony telah memproduksi 100 juta PS dengan jumlah game sebanyak 7.300 judul.

Kini angin segar bertiup ke arah maniak game di Indonesia. Rumor tentang PS4 akan diluncurkan –yang meledak di pertengahan 2013– rupanya benar. Setelah menunggu enam bulan lamanya, akhirnya konsol terbaru Sony, Playstation 4 resmi diluncurkan di Indonesia.

Selama 18 tahun, Playstation sudah meluncurkan 4 generasi PS. PSOne, PS2, PS3, dan PS4. Dan selalu ada inovasi dari produk baru yang diluncurkan. Ketika diluncurkan, CPU PS2 sudah 64 bit, jadi tampilan visual lebih mendukung. Dan lebih banyak game bersifat RPG untuk konsol ini. Ada dua tipe untuk PS2, Fat dan Slim. Pamor Playstation makin santer ketika PS2 diluncurkan. Sayangnya, pihak pengembang kecewa karena banyak versi ‘Made in China’.

Sementara itu, generasi terbaru Playstation 4 dijamin berbeda oleh pihak pengembang dari generasi sebelumnya. Konsol terbaru ini menawarkan pengalaman yang berbeda ketika bermain game.

Pihak pengembang telah menyiapkan game kaya dan seru, dengan grafis luar biasa, cepat, serta memiliki kemampuan integrasi sosial yang mendalam. Yap, selain gambar visual yang menakjubkan, PS4 juga bisa terhubung dengan sosial media apapun.

“Setelah lama ditunggu oleh para pecintanya di Indonesia, kini masyarakat Indonesia khususnya para pecinta PlayStation dapat segera menikmati pengalaman bermain game yang lebih seru dari sebelumya dengan hadirnya PlayStation 4,” kata Satoru Arai, Presiden Direktur Sony Indonesia.

“Berkat kemampuan grafis luar biasa serta kemampuan integrasi sosial yang menjadi keunggulan konsol terbaru ini, para gamers akan dibawa untuk menjelajahi dunia permainan dengan lebih memukau,” ujar Satoru Arai, menambahkan.

Sekilas, antara PS3 dan PS4 seperti tidak tidak ada perbedaan. Namun, itu salah. PS3 masih menggunakan blueray disc untuk game-nya. Sedangkan PS4 telah menggunakan holographic disk [HVD]. Untuk urusan warna, PS3 memanfaatkan teknologi true color. PS4 sudah memiliki full deep colour.

Perubahan juga terjadi pada dual shock yang digunakan. Ada tombol tambahan “share”, fungsinya untuk membagi apa yang dimainkan oleh gamer ke sosial media. Jadi, gamer bisa unjuk gigi di sosial media.

Perangkat keras di dalamnya hampir menyerupai sebuah komputer, karena menggunakan CPU Quad Core serta RAM dan GDDR. Konsol ini juga mengaplikasikan OS ORBID untuk penggunaan user interface penggunanya.

Demi menambah keseruan bermain, PS4 juga dilengkapi sebuah kamera dan kaca mata 3D yang dijual terpisah. Dengan menggunakan kamera ini, pengguna dapat bertemu dengan ikon terbaru PS4 bernama Asobi. Robot kecil yang bisa kita ajak bermain. Sementara kaca 3D, menjadikan grafis game sangat hidup. Gamer seperti berada di dalam game tersebut. Kaca mata ini juga bisa digunakan untuk perangkat lain seperti laptop dan teve.

Mengusung tagline baru “Play the Future”, PS4 coba menggabungkan antara teknologi dan emosi. Pengembang tidak cuma ingin menyediakan konsol terbaik, tapi mengaplikasikan emosi juga di dalamnya. Ayobi, ikon terbaru mereka, adalah realisasi dari emosi itu. Ayobi dapat diajak bermain serta bergurau. Mereka hidup.

Bersamaan dengan PS4, Sony juga meluncurkan: PS VitaTV dan PS Vita. PS VitaTV dinobatkan sebagai konsol terkecil yang pernah diciptakan di lingkup keluarga Playstation. Ukurannya hanya sebesar bungkus rokok, dengan berat tidak mencapai 500 gram. Namun, PS VitaTv bisa memuat hingga 600 game. PS Vita juga meluncurkan generasi barunya PS Vita PCH-2006, yang lebih ramping serta ringan dari pendahulunya. Seri terbaru ini pun dilengkapi LCD HD.

Berkat inovasi terbaru, seperti media penyimpanan dalam blueray disk serta HVD, pihak pengembang tidak pernah gigit jari lagi. Karena generasi Playstation ‘Made in China’ sudah habis ditelan waktu. PS4 dilempar ke pasar seharga Rp 8 juta. Sementara untuk game-nya berkisar antara 500 – 700 ribu. But, when you grab the console, there is one game inside it. You better hurry, before PS5 out! « [teks @HaabibOnta | foto courtesy of us.playstation.com]

SHARE