Hendra HeHe, Seniman Muda Generasi Milenium

0
311

Karyanya dipamerkan hingga luar negeri.

heheheHendra Harsono atau sering dipanggil dengan sebutan ‘Hehe’ merupakan salah satu seniman muda yang ikut mempopulerkan visual art. Saat ini, visual art mencuri perhatian banyak mata karena bersifat visual atau indah dilihat.

Seniman asal Yogyakarta ini gemar menggambar, melukis dan membuat mainan. Karakter gambarnya menarik dan colorful. Ia sering ikut pameran, baik di dalam mapun luar negeri, sehingga tak heran namanya dikenal pecinta lukisan.

Meskipun bapak satu anak ini tak menyelesaikan kuliahnya di Institut Seni Indonesia Yogyakarta, tapi tak mematikan keinginannya untuk terus berkarya di bidang seni. Simak obrolan sore kami dengan Hendra via sambungan telepon.

mulai kapan tertarik dengan dunia seni, terutama visual art?
Tertarik sejak di bangku kuliah, terutama saat melakukan pameran tunggal aku di sekitar tahun 2006 di Yogjakarta.

hehe 7

hampir semua karya Anda cenderung colorful. apakah itu menjadi ciri khas?
Dari awal aku memang tertarik dengan warna. Mencampurkan warna A dan B itu menjadi sebuah tantangan tersendiri buat aku. Semakin banyak warna, malah semakin asyik.

dalam membuat sebuah karya, adakah teknik tertentu yang digunakan?
Yang pasti aku selalu memakai cat akrilik bukan cat air dalam setiap karyaku. Sementara soal teknik, aku tidak punya teknik khusus karena memang tidak ada tekniknya.

jika diperhatikan, Anda tidak hanya membuat lukisan tetapi juga mainan? sebenarnya mana yang lebih difokuskan?
Sebenarnya semuanya, yaitu lukisan dan mainan. Ketertarikan membuat mainan berawal dari art toys. Kalau di luar negeri ada yang namanya vinyl toys, di mana setiap seniman yang membuat karya konvensional, seperti patung atau lukis, juga membuat merchandise yang dicetak di vinyl. Nah, mereka menyebutnya vinyl toys, dan itu item koleksi yang dibuat dalam limited edition. Aku dapat inspirasi dari situ.

Kalau di lukisan-lukisanku, aku juga berusaha membuat karakter karena masih ada hubungannya dengan ketertarikan awalku terhadap vinyl toys itu.

hehe 3 editapa sih kesibukan lain selain menjadi seniman?
Selain menjadi seniman, sekarang aku lagi bikin brand merchandise sendiri, yaitu AOCWORK. Konsepnya sederhana, yaitu bagaimana agar orang bisa terus menikmati seni. Jadi implementasinya berupa artwork dalam barang-barang yang bisa dipakai untuk keseharian, sementara baru kaos saja.

ketika membuat sebuah karya, selalu mencari atau mendapatkan inspirasi dari mana saja?
Ya bisa dari mana saja. Apa saja yang ada di sekitar. Biasanya dari majalah, internet, obrolan dengan teman, atau ngelamun. Kebanyakannya yang aku dapat lebih ke masalah keseharian orang dengan budayanya atau komunikasi orang dengan orang lain tapi dengan sudut pandang.

Sedangkan motivasi?
Dari banyak hal, seperti keluarga, teman-teman atau lingkungan sekitarku.

berapa lama waktu yang dihabiskan untuk membuat satu karya?
Beda-beda ya, paling cepat bisa lima hari dan paling lama bisa sampai dua bulan. Dimulai dari membuat sketsa hingga tahap eksekusi atau finishing.

bagaimana tentang karya yang dipamerkan di artphoria?
Sebenarnya, inspirasi bentuknya dari nasi tumpeng. Kebetulan aku orang Jawa dan bapakku memegang teguh adat Jawa. Jadi kalau mengadakan syukuran, kita pasti tumpengan. Tumpengan itu memiliki maksud dan tujuan yang baik. Kalau diimplementasikan ke dalam karya aku yang dipamerin di Artphoria adalah membicarakan mengenai hari esok yang pasti akan lebih baik.

hehe 8
Karya Hendra di Artphoria 2013

Proses pembuatannya cepat karena aku pakai artisan [seniman pekerja yang membantu kerja teknis / eksekusi sebuah karya seorang seniman]. Aku membuatnya sekitar dua minggu. Aku yang bikin sketsanya dan artisanku yang membuat tiga dimensi dimensinya.

jika memiliki kesempatan berkolaborasi dengan seniman dalam atau luar negeri, siapa yang Anda inginkan?
Siapa saja, karena saya sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan seniman mana saja. Aku percaya setiap seniman itu unik dan mempunyai tantangan sendiri.

adakah proyek selanjutnya akan segera digarap?
Maret nanti aku ada pameran di Kuala Lumpur. Beberapa artist dari Yogyakarta dan Jakarta juga ikut di pameran ini. [teks @innesspw | foto dok. senjaketawa.blogspot.com]

Also read:
Rahasia pribadi personel SM*SH
Sedikit Intim dengan Nicholas Saputra

SHARE