10 Kota Teraman dari Banjir

0
147
Aswan | courtesy of upload.wikimedia.org
Aswan | courtesy of upload.wikimedia.org
Aswan | courtesy of upload.wikimedia.org

Bosan dengan genangan air dan terendam banjir?

Jakarta dan sejumlah kota di Indonesia dikepung banjir. Penyebabnya, curah hujan yang tinggi, dan minimnya lahan serapan di sekitar kota-kota tersebut. Hampir seluruh wilayah di Jakarta tak ada yang luput terkena serbuan air. Ratusan rumah terendam. Ribuan warga terpaksa mengungsi di tempat-tempat yang sudah disiapkan pemerintah. Tidur susah, makanan terbatas, air bersih sulit, dan listrik pun mati. Kegiatan menjadi sangat terbatas.

Di saat seperti ini, kita pasti berpikir untuk pindah dari Jakarta. Bahkan, yang lebih ekstrim, pindah dari negara kita tercinta, Indonesia. Namun, pindah dari Indonesia pun bukan solusi tepat. Beberapa negara yang dianggap aman dari banjir, ternyata juga tak luput dari terjangan banjir. Kalaupun wilayah tersebut aman dari banjir, negara tersebut memiliki suhu yang sangat panas dan kering. Tapi, kalau tetap pengin pindah, cek dulu kota dan negara yang aman dari terjangan banjir di bawah ini: [foto-foto lengkapnya klik tautan ini]

1. AOULEF
Negara Aljazair
Curah hujan 12,19 mm [0,48 inci]
Jumlah penduduk 21.723 [2008]
Deskripsi Aoulef adalah sebuah kota yang berada di bagian tengah Selatan Aljazair. Dengan pertumbuhan penduduk rata-rata 3,7 persen per tahun, Aoulef merupakan ibukota Aoulef District. Berada di ketinggian 288 meter atau 945 kaki di sisi Timur sebuah oasis, Aoulef memiliki iklim gurun yang kering. Kota ini memiliki suhu yang sangat panas saat summer dan memiliki curah hujan yang sangat sedikit setiap tahunnya.

2. WALVIS BAY
Negara Namibia
Curah hujan kurang dari 10 mm
Jumlah penduduk 62.096 [2011]
Deskripsi Walvis Bay adalah sebuah kota di Namibia dan merupakan salah satu nama teluk di kota tersebut. Walvis Bay, dengan teluk dan bukit berpasir yang luas, merupakan pusat pariwisata di Namibia.

3. IQUIQUE
Negara Chili
Curah hujan 5,08 mm [0,2 inci]
Jumlah penduduk 216.419 [2002]
Deskripsi Iquique adalah kota pelabuhan yang terletak di sebelah Utara Chili. Iquique merupakan ibukota Provinsi Iquique dan wilayah Tarapaca. Iquique terletak di Pantai Pasifik, di sebelah Barat Gurun Atacama dan Pampa del Tamarugal.

4. WADI HALFA
Negara Sudan
Curah hujan 2,45 mm [0,096 inci]
Jumlah penduduk 15.725 [2007]
Deskripsi Wadi Halfa adalah sebuah kota yang terletak di sebelah Utara Sudan, di tepi Danau Nubia [Sudan bagian Danau Nasser]. Wadi Halfa berada di tengah peninggalan barang antik dari Nubian kuno dan jadi fokus para arkeolog yang berusaha menyelamatkan peninggalan tersebut dari banjir akibat pembangunan Bendungan Aswan.

5. ICA
Negara Peru
Curah hujan 2,29 mm [0,09 inci]
Jumlah penduduk 219.856
Deskripsi Kota Ica adalah ibukota wilayah Ica di sebelah Selatan Peru. Wilayah yang sudah lama dihuni masyarakat dengan beragam budaya dan adat tersebut diklaim ditemukan penakluk Spanyol Geronimo Luis de Cabrera pada tahun 1563. Kota ini terletak di Sungai Ica sekitar 300 km di Selatan Lima, sepanjang pantai padang pasir Selatan Peru.

6. LUXOR
Negara Mesir
Curah hujan 0,862 mm [0,034 inci]
Jumlah penduduk 202.232 [2006]
Deskripsi Luxor berasal dari bahasa Arab, al-qusur yang berarti istana. Luxor berada di sebelah Selatan Mesir, dan merupakan ibukota Provinsi Luxor. Luxor dijuluki sebagai museum terbuka terbesar di dunia karena terdapat reruntuhan komplek candi di Karnak dan Luxor yang berdiri di dalam kota modern. Luxor mempunyai iklim yang kering dan panas, dan mempunyai perbedaan suhu yang ekstrim sekali antara siang dan malam.

7. ASWAN
Negara Mesir
Curah hujan 0,861 mm [0,0338 inci]
Jumlah penduduk 290.327 [2012]
Deskripsi Aswan adalah sebuah kota yang terletak di sebelah Selatan Mesir, merupakan ibukota dari Provinsi Aswan. Pusat turis terletak di sebelah Utara Bendungan Aswan. Aswan memiliki iklim yang kering dan panas.

8. AL-KUFRAH
Negara Libya
Curah hujan 0,860 mm [0,0338 inci]
Jumlah penduduk 50.104 [2006]
Deskripsi Al-Kufra merupakan kawasan terbesar di Libya. Al-Kufra beribukota Al-Jawf, salah satu oase di Kufra. Di kota ini juga terdapat sebuah kilang minyak yang sangat besar yang terletak di dekat Al-Jawf.

9. ARICA
Negara Chili
Curah hujan 0,761 mm [0,03 inci]
Jumlah penduduk 161.972 [2012]
Deskripsi Arica merupakan kota pelabuhan yang terletak di sebelah Utara wilayah Arica dan Parinacota. Arica merupakan ibukota dari Provinsi Arica dan wilayah Arica dan Parinacota. Arica merupakan tempat terkering di dunia dengan iklim kering dan panas.

10. DRY VALLEYS
Negara Antartika
Curah hujan 0 [tidak pernah hujan]
Jumlah sungai 7 sungai
Jumlah penduduk tidak tercatat
Deskripsi Dry Valleys atau McMurdo Dry Valleys adalah deretan lembah salju gratis di Antartika yang terletak di sebelah barat Victoria Land dari McMurdo Sound. Daerah ini merupakan salah satu gurun yang paling ekstrim di dunia, namun memiliki banyak obyek wisata yang menarik, seperti Danau Vida dan Sungai Onyx –sungai terpanjang di Antartika.

Beberapa kota di atas merupakan kota yang sangat aman dari banjir, namun ternyata memiliki iklim yang kering dan panas. Selain itu, beberapa kota di atas memiliki cuaca panas yang sangat ekstrim. Jadi, masih berpikiran untuk pindah ke sana? Think again, guys! 😉 « [teks @ratihwinanti]

SHARE