Kerumitan Andien Menggarap Album

0
276

“Bikin album kan nggak gitu aja.”

Andien 2Dunia musik bukan hal asing bagi Andinie Aisyah Haryadi, atau lebih akrab dikenal sebagai Andien Aisyah. Ia memulai karier penyanyi tahun 2000. Sekarang ia sudah menghasilkan lima album musik.

Andien menganggap musik begitu penting dalam hidupnya. Ia sudah menempuh karier bermusik selama 14 tahun. Waktu yang tidak sebentar. “Nggak usah ditanya lagi soal musik atau nyanyi,” katanya di radio Cosmopolitan FM, di Gedung Sarinah, Selasa kemarin. “Karena itu adalah main job aku sampai sekarang.”

Karena rasa cintanya yang besar terhadap musik, Andien tak pernah tanggung-tanggung saat menggarap album musiknya. Ia selalu berusaha sedetail mungkin dalam menyiapkan pembuatan albumnya.

Ia pun mengatakan kepada Ghiboo sedang sibuk mempersiapkan album baru. Genrenya tetap jazz. Ia berharap tahun ini bisa rampung dan beredar ke penggemarnya, meski proses mewujudkannya tidak mudah.

“Bikin album kan nggak gitu aja, karena kita harus nyari lagu, terus aransemen lagu di studio, nanti ada yang namanya brainstorm, baru rekaman,” ujarnya menerangkan.

Rencananya ia terlebih dahulu akan membuat pre-recording, maksudnya adalah menyiapkan materi lagu berupa demo. Dan diharapkan hasilnya bagus dan memuaskan.

Jika hasil pre-recording dirasa bagus, Andien baru akan merekam kembali seluruh materi lagunya. Usai membicarakan urusan dapur rekaman, Andien juga bongkar rahasia soal pemilihan lagu.

Sebagai seorang seniman, Andien ingin karyanya bisa dinikmati dengan sempurna. Alasan tersebut yang membuatnya sangat selektif untuk menentukan lagu yang akan masuk di albumnya. Rencananya, Andien akan memasukkan 10 lagu di album terbarunya itu. Ia ingin semuanya lagunya terdengar catchy.

“Kadang orang berpikir ya udah pilih lagu tiga aja yang catchy, karena paling yang dijadiin single juga tiga, sisanya buat menuhin aja,” kata Andien. “Tapi aku nggak gitu, karena buat aku semua lagu yang ada di album aku itu tanggung jawab aku buat para pendengar dan penikmat lagu-laguku.”

Usai membahas soal dapur dan materi lagu, Andien juga membicarakan soal konsep packaging albumnya. “Setelah rekaman, baru proses merencanakan cover, foto untuk cover, bikin video klip dan segala macamnya,” tuturnya.

Bahkan, dengan detilnya, Andien juga terlibat langsung dalam pemilihan font yang akan digunakan di cover albumnya.

Andien ingin pendengar secara luas juga tahu, bahwa proses pembuatan album tidak sebatas cari materi, rekaman dan rilis. Andien hendak menunjukkan bahwa dirinya benar-benar mengerjakan pembuatan album secara detail dan tentunya berkualitas. Next “Andien di antara film dan musik”

1
2
SHARE