Evolusi Logo Apple

0
760

 Apple menjadi salah satu perusahaan dengan logo ikonik.

Beberapa perusahaan yang sukses memiliki beberapa misteri dibalik nama dan logo. Dan kami menemukan beberapa fakta menarik tentang logo Apple yang mungkin sangat sedikit orang mengetahuinya.

Sejarah logo Apple sangat unik. Mendiang Steve Jobs dan Steve Wozniak sempat perang argumen mengenai pemilihan nama dan logo perusahaan yang tepat. Ketika Jobs mengucapkan nama ‘Apple’, Wozniak menertawakannya dan berkata, “Ini sebuah perusahaan komputer, bukan toko buah!”

Jobs sengaja menamakan perusahannya Apple karena ia baru saja berkunjung ke sebuah pertanian apel, dan kebetulan Jobs merupakan pecinta buah. Baginya, the name was fun, spirited and not intimidating.

1976: The Newton Crest Logo
Ronald Wayne, pendiri ketiga Apple Company, mendesain logo pertama Apple Company. Logo pertama Apple bukanlah gambar sebuah buah apel seperti saat ini. Melainkan, menggambarkan ilmuwan terkenal Sir Isaac Newton yang sedang duduk di bawah pohon, di mana sebuah apel  dikelilingi cahaya putih menggantung di atas kepalanya. Logo ini seakan memberi inspirasi kepadanya tentang hukum gravitasi.

Semuanya digambar dengan warna hitam putih, dan jika Anda mengamati dengan seksama, terdapat tulisan pada garis pinggir sisi kanan dan kiri, “Newton… A mind forever voyaging through strange seas of thought… alone.” Logo ini juga dililiti sebuah tulisan Apple Computer Co.

apple

1976 – 1998: Rainbow Logo
Logo pertama hanya bertahan setahun. Setelah Newton Crest, Jobs memutuskan untuk menjelajahi sesuatu yang baru dan berbeda untuk logo. Ia pun membayar desainer Rob Janoff untuk membuatkannya sebuah logo yang paling ikonik dalam sejarah perusahaan.

Selama bertahun-tahun, ada rumor bahwa logo ikonik Apple [apel dengan gigitan di satu sisi] terinspirasi oleh kematian Alan Turning, seorang ilmuwan komputer dan matematika, yang melakukan bunuh diri dengan memakan apel sianida di tahun 1954.

Tapi rumor itu ditepis Janoff. Menurutnya, gigitan di logo apel adalah tanda untuk membedakan bahwa yang digambarnya adalah sebuah apel, bukan tomat. Gigitan [bite] di sisi kanan apel juga mengacu pada kata ‘byte’, sebuah referensi yang cocok untuk perusahaan teknologi.

Adapun garis-garis berwarna pelangi di logo karena Jobs bersikeras menggunakannya agar semua orang berpikir Apple berbeda. Warna-warna pelangi yang dibuat secara acak, kecuali warna hijau yang memang sengaja ditaruh palong atas karena terdapat daun yang selalu berada di atas dari permukaan tanah.

apel pelangi

1998 – present: The Monochrome Logo
Popularitas rainbow logo hanya bertahan selama 21 tahun, hingga Jobs memutuskan untuk mengubah logo Apple lago yang lebih ‘serius’. Salah satu alasan utama untuk mengubah logo adalah komputer Mac sedang dibuat dengan casing logam, sehingga logo dengan pelangi tampak kurang sesuai. Logo baru ini kemudian muncul pada Mac asli dan Mac Power Book G3.

Sejak saat itu, Apple beberapa kali mengubahnya menjadi versi aqua-themed di tahun 2001-2003 saat peluncuran Mac OS X, dan glasses-themed yang digunakan pada 2003. Glasses-themed dipakai pertama kali dalam Mac OS X Panther and juga start-up iPhone, iPod Touch, fifth generation video iPod, iPod Nano dan semua versi produk hingga saat ini. [teks @innesspw]

apel monokrom

SHARE