The Cure is Back!

0
225

The Cure mempersiapkan album ke-14.

The Cure inside

Setelah berhibernasi selama enam tahun lamanya, The Cure menyatakan akan merilis album terbaru mereka dalam beberapa bulan ke depan. Namun, sang pentolan, Robert Smith, belum dapat memastikan bulan apa album itu beredar.

Ini akan menjadi album ke-14 Roberts Smith bersama The Cure. Album ini kemungkinan akan diberi nama 4:14 Scream. Sayangnya setelah ditunggu selama enam tahun oleh para penggemar, Robert Smith tidak menawarkan terlalu banyak materi baru di album ini.

Tahun 2008, legenda hidup musik gothic ini meluncurkan album mini bernama 4:14 Dream. Dan materi untuk album ke-14 diambil dari album ke-13. Namun dengan tambahan cuplikan video konser serta ‘kado’ lainnya.

Album 4:14 Dream terbilang meledak di minggu pertama peluncurannya. Tercatat ada 24.000 keping album yang berhasil terjual. Dan sempat menduduki urutan ke-16 tangga lagu Billboard. Namun sepanjang 2008-2011, album ini hanya mampu terjual sebanyak 93.000 keping di Amerika Serikat. [Baca juga Dia Frampton, jebolan The Voice AS, suka hujan Indonesia]

Sementara banyak penggemar yang mengharapkan album ini akan menjadi sangat dalam dan kelam. Para kritikus musik mengatakan Robert Smith menjadi terlalu lembek di 4:14 Dream. Nyatanya, ini adalah album dengan angka yang menjadi mitos negatif, 13.

Robert Smith
Robert Smith

Tapi tidak semuanya setuju dengan penilaian itu. Beberapa kritikus pun menaruh pujian dengan apa yang telah dihasilkan oleh Smith. Mereka menganggap di album 4:14 Dream, The Cure seperti kembali memaikan musiknya di era ’76.

Pada album ke-13 The Cure menghasilkan 13 materi lagu. Lalu bagaimana dengan album ke-14, apakah akan ada 14 lagu? No one knows about it! Vokalis nyentrik itu pun tidak membocorkan apapun tentang album teranyarnya.

Selain album, vokalis berusia 54 tahun itu pun mengatakan akan membuat “Tur Konser Trilogi” untuk ketiga kalinya dalam waktu dekat. Tur Konser Trilogi ialah konser yang dilakukan oleh The Cure dengan membawakan materi tiga album di atas satu panggung.

Konser ini digagas pertama kali tahun 2002 di Berlin. Ketika itu, Robert Smith cs melantunkan tembang dari album Pornography, Disintegration and Bloodflowers dalam waktu seharian. Wow! Tahun 2011 tur konser trilogi kembali terulang, dengan rambut acak-acakannya, Robert Smith menyanyikan lagu dari album Three Imaginary Boys, Seventeen Seconds dan Faith.

Tentu ini akan menjadi tahun yang padat bagi The Cure untuk merampungkan album baru serta merencanakan tur konsernya kembali. Well, good news is, The Cure is back!« [teks @HaabibOnta | foto berbagai sumber]

BIOS
Band The Cure
Asal Crawley, Inggris
Genre Gothic Rock, Post-Punk, Alternative Rock
Terbentuk 1976
Personel Robert Smith [lead vocal], Simon Gallup [bass guitar], Roger O’Donnell [keyboard], Jason Cooper [drum] dan Reeves Gabrels [guitar]
Jumlah Album 13

SHARE