RAN Memulai Hari Baru

0
142

Album terbaru RAN menunjukan kedewasaan.

RAN
RANners, ini lo album baru kami!

Lupakan RAN dulu yang kerap tampil warna-warni dan selalu bicara vulgar soal cinta dan kasih sayang. Pasalnya, sekarang, grup musik yang digawangi Rayi, Asta dan Nino ini telah mantap dan memastikan kalau mereka telah mengalami masa transisi ke arah yang lebih dewasa.

Kepastian RAN menjadi lebih dewasa dan tidak ‘menye-menye’ soal cinta di karya musik mereka, dibuktikan lewat album keempat bertajuk Hari Baru.

Mengubah imej karya musik dari kelas remaja menuju dewasa dalam album Hari Baru, bukanlah pekerjaan mudah bagi RAN. Mereka mengaku butuh waktu satu setengah tahun demi merealisasikannya.

“Kita menamai album ini Hari Baru, karena tiga album sebelumnya kita anggap satu capture trilogi yang sudah selesai,” jelas Rayi mewakili dua rekannya, kepada Ghiboo.

“Nah, sekarang kita masuk ke capture baru, dengan mentalitas yang baru, dalam semangat baru juga. Kita ngerasa di album ini tampak jalur kedewasaan kita.”

“Dari isi materi lagunya, dulu lebih ke cinta-cinta. Sekarang kita lebih kompleks, kita nggak menggunakan empat kata di album ini, cinta-kasih-sayang-love nggak ada satupun di album,” tambahnya.

Meski tanpa kata-kata gombal, bukan berarti Nino Cs tidak romantis lagi dalam menyajikan karya musik mereka. Mereka pun membeberkan kata-kata yang layak menggantikan kata-kata cinta tersebut.

Selain tidak ingin terlihat monoton menggunakan kata-kata dalam lirik yang mereka buat, diakui tiga pria asal Jakarta ini, kalau mereka sangat ingin mengeksplor kekayaan bahasa Indonesia.

“Setelah kita melalui proses pembuatan album Hari Baru ini, kita jadi menghargai dan ingin mengeksplore bahasa Indonesia lagi. Bahkan, kita bisa jadi lebih romantis dari sekadar menggunakan kata cinta, love, sayang, kasih. Misal, kita menggantinya dengan kata-kata: Kaulah Nirwana,” ujar Nino.

Selain lebih dewasa, RAN menambahkan jika album Hari Baru juga mengangkat tema lagu yang lebih luas dan lebih mendalam dari sekadar cinta-cintaan. Ada tema tentang rasa curiga, memotivasi orang lain, diduakan dan tentang kebersamaan antar sesama manusia.

Filosofi dewasa dalam album baru RAN juga terlihat dari cover album Hari Baru. Dalam foto cover, Nino, Rayi dan Asta terlihat layaknya pria yang sudah dewasa. Mereka memakai setelan jas, dan tidak ada lagi fashion dengan warna nge-jreng dan aksesori mentereng lainnya. Penasaran? Beli album barunya dong… Next:┬áTulus bantu RAN lebih dewasa.

1
2
SHARE