The Fly, ‘Ku Ingin [Terus] Terbang’

0
554

Kiat The Fly untuk terus terbang.

The Fly 4
Bagaimana model kacamata kami?

“Ku ingin terbang bersamamu dan gapai mentari. Tak ingin lepas, tak menentu… Jiwa dan batinku. Terangi rasa hatiku yang membeku. Tebari bunga jalanku yang lugu, oh melatiku… untuk diriku [untuk diriku]”

Do you remember something about this lyric? Or maybe about the band? If not, then you’re not past the 90’s generation exam. This is “Terbang” by The Fly!

Di awal millenium, The Fly melejit lewat single “Terbang” yang melambungkan nama mereka ke jagad dunia hiburan. Kin, B’jah, Levi, Adith, Ren, Kus, dan Irwan, adalah formasi awal The Fly saat itu. Seiring perjalanan, satu persatu dari mereka memilih hengkang. Dari tujuh personel, kini menciut, menyisakan tiga orang tersisa. Kin, Levi, dan Adith.

Seperti biasa, ketiganya selalu menggunakan kacamata besar andalan saat bertandang ke kantor Ghiboo. Karena begitu besar, kacamata itu sepertinya mampu menyembunyikan alis mata dan tulang pipi Kin cs di baliknya. “Ini memang sudah jadi ciri khas kami bertiga dari dulu,” ujar Kin.

Nggak ada arti khusus. Cuma biar makin mirip kayak lalat aja, hehehe,” sambung Adith. Keyboardis ini rupanya senang sekali melempar guyonan. Selain menjadi personel The Fly, ia pun berprofesi sebagai guru piano untuk anak-anak.

Kin kemudian melanjutkan, kalau mereka bertiga merupakan die hard fans U2 semasa kuliah dulu. Ketika Bono sering menggunakan kacamata lalat di tahun 1994, Levi mengajak mereka untuk menggunakan kacamata yang sama untuk manggung di Trisakti. Saat itu Kin masih belum bergabung dan mereka belum menggunakan nama The Fly.

“Jadi ‘kan kalau dulu manggung outdoor, udah ‘gitu sore-sore, panas, bro. Kalau pakai kacamata ini ‘kan enak. Nggak silau, hehehe,” tutur Levi.

The Fly 3
Kin: Ya kamu, kamu yang baca artikel The Fly.

Usut punya usut, yang membentuk The Fly adalah Levi. Kemudian Kin masuk. Keduanya menjadi dynamic duo yang tak terpisahkan hingga sekarang.

Nama The Fly pun terinspirasi dari julukan yang biasa diberi bagi Bono, The Fly Guy. Ditambah U2 menciptakan hits “The Fly”. Maka, lahirlah band dengan sebutan The Fly, beber Kin. Eits, tapi bukan berarti mereka peniru U2. Karena nyatanya lagu-lagu Kin dkk berbeda dari genre yang diusung Bono cs.

“Itu dulu biar keren aja kalau dipanggil MC acara. ‘Kita panggilkan The Fly!’ Hahahaha,” celetuk Adith. Suasana pun jadi riuh dengan tawa. [Also read: good bye Coboy Junior]

Tanggal 5 Desember nanti, The Fly akan merayakan ulangtahun mereka yang ke-20. Sudah dua dekade kiprah mereka mewarnai musik Indonesia. Kin berencana akan membuat sebuah konser bagi para fans mereka nanti. Karena hal itu belum berhasil terwujud akibat bongkar pasang vokalis sebanyak tiga kali.

Karena sudah lelah harus gonta-ganti vokalis –-itupun menghambat perkembangan band–, maka Kin maju sebagai lead vocal untuk seterusnya. Di lagu Terbang yang meledak di pasaran, Kin yang mengisi bagian reff lagu tersebut. Menyanyi bukan hal yang mengejutkan lagi untuk pria tembam berambut mohawk ini.

“B’jah suaranya memang bagus, tapi tekniknya kurang. Nah, kalau gue suara kurang, tapi tau tekniknya,” tutur Kin.

Selama karier bermusik The Fly, Kin-lah yang mengasah warna suara ex-vokalis mereka. Mulai dari B’jah, Gian, dan Teddy. Kin yang meramu suara ketiganya agar terdengar unik di telinga pendengar. Ilmu itu ia dapatkan ketika belajar bermain gitar di USA. Di negeri Barack Obama itu, ia mengasah kehandalan permainan jarinya sekaligus bernyanyi.

Bulan Februari ini, Kin, Levi, dan Adith akan meluncurkan single terbaru mereka berjudul “Oh My God”. Lagu ini bercerita seputar cinta mati sepasang kekasih serta dibumbui sedikit aroma religi. Rencananya lagu ini akan dimaikan perdana di Sabotase 89.6 FM i-Radio Jakarta, pada minggu kedua atau ketiga secara langsung. Selama sebulan ini mereka menyabotase siaran i-Radio pada hari Selasa pukul 18.00-20.00 WIB. Siaran mereka bisa juga disaksikan live di Ghiboo <http://www.ghiboo.com/streaming>. Next Page rahasia pribadi personel The Fly.

Next page top 5

1
2
SHARE